3 Pemain Asing Baru Bikin Pelatih Arema FC Girang

Ketiganya sudah menjalani latihan bersama Arema FC

Malang, IDN Times - Arema FC mendatangkan 3 pemain asing yang memiliki kualitas grade A. Ketiganya adalah Gustavo Almeida asal Brazil yang sebelumnya bermain di Al-Nasr Kuwait, Ichaka Diarra mantan kapten Timnas Mali yang sebelumnya berlaga di Liga Premier Lebanon bersama Al-Ansar, dan Charles Lokolingoy pemain asal Republik Kongo berpaspor Australia yang sebelumnya bermain Liga Premier Malta bersama Żebbuġ Rangers.

Hal ini tentu membuat Pelatih Arema FC, I Putu Gede Dwi Siswanto girang bukan main. Pasalnya mereka baru saja kehilangan seluruh pemain asingnya yang memperkuat Singo Edan pada Liga 1 Musim 2022/2023.

1. Putu Gede beberkan peran 3 pemain asing ini musim depan

3 Pemain Asing Baru Bikin Pelatih Arema FC GirangKetiga pemain asing baru Arema FC saat berlatih di Stadion Gajayana. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Pada Liga 1 Musim 2023/2024, I Putu Gede sudah memetakan apa saja kebutuhan timnya. Salah satunya kriteria pemain asing yang ia inginkan. Ia tidak ingin memiliki pemain asing yang kaleng-kaleng, mereka punya target tinggi pada Liga 1 yang akan dimulai pada 1 Juli 2023 mendatang.

"Pertimbangan mendatangkan ketiga pemain asing ini adalah karena kita butuh striker maka didatangkan Gustavo. Kemudian Charles Lokolingoy bisa bermain di beberapa posisi di depan. Dan Ichaka Diarra punya leadership," terangnya saat sesi latihan pada Jumat (02/05/2023).

Ia menegaskan tidak ingin salah memilih pemain asing, sehingga pertimbangan pertama adalah kualitas. Mereka juga telah memantau sejak lama kualitas masing-masing pemain asing yang mereka incar.

Baca Juga: Profil Arema FC: Sejarah, Prestasi, Stadion, dan Pemain Legenda

2. Ketiga pemain asing Arema FC berusia muda, disesuaikan dengan gaya Malangan

3 Pemain Asing Baru Bikin Pelatih Arema FC GirangPelatihan Kepala Arema FC, I Putu Gede (kiri) saat berdiskusi dengan assiten pelatih, Joko Susilo (kanan). (Dok. Media Officer Arema FC)

Ada yang menarik dari 3 pemain asing baru Arema FC, ketiganya memiliki usia yang sama-sama muda. Gustavo dan Lokolingoy sama-sama berusia 26 tahun, sementara Ichaka berusia 28 tahun. Arema FC memang sengaja mengincar pemain berusia muda, padahal rata-rata pemain asing yang tampil di Liga 1 berusia 30 tahun.

"Kita juga mempertimbangkan usia. Karena sesuai gaya kita membutuhkan usia muda," jelasnya.

Putu Gede juga menyampaikan ada banyak agen pemain yang menawarkan pemain mereka. Namun, belum ada satupun yang menarik minta mereka untuk melengkapi kuota pemain asing.

"Kita lihat beberapa video, mereka (3 pemain asing baru Arema FC) di klub lama bagaimana situasi di sana. Karena banyak agen yang kirim video, tapi mereka yang sesuai kebutuhan tim," paparnya.

Baca Juga: Profil Charles Lokolingoy, Striker Arema FC Berpaspor Australia

3. Arema FC masih punya PR mendatangkan 2 sampai 3 pemain asing lagi

3 Pemain Asing Baru Bikin Pelatih Arema FC GirangManajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas. (Instagram/wiebie_andriyas76)

Manajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas mengakui jika mereka masih punya PR untuk mendatangkan 2 sampai 3 pemain asing baru. Salah satunya adalah pemain Asia Tenggara sesuai regulasi 5+1 dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Tapi ia menyampaikan akan memberi pemain yang memiliki kualitas yang sesuai ekspektasi tim pelatih. Hal ini sidah dibuktikan dengan kedatangan Gustavo Almeida, Ichaka Diarra, dan Charles Lokolingoy.

"Tiga pemain asing baru ini kan untuk memenuhi kebutuhan dari coach. Yang mana kita membutuhkan center back, winger, dan striker," pungkasnya.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya