Comscore Tracker

Resmi Jadi WNI, Otavio Dutra Berterima Kasih kepada Bonek

Semoga mainnya tambah ngosek

Surabaya, IDN Times - Pemain bertahan Persebaya Surabaya Otavio Dutra akhirnya resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Jumat (27/9). Sebelumnya, Dutra merupakan warga negara Brazil yang sudah menempuh proses naturalisasi sekitar satu tahun.

1. Mimpi yang menjadi kenyataan

Resmi Jadi WNI, Otavio Dutra Berterima Kasih kepada BonekIDN Times/Dok. Kemenkumham Kanwil Jatim

Prosesi pengambilan sumpah Dutra dilakukan di Kantor Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Timur. Dengan mengenakan jas dan peci hitam, Dutra mengikuti prosesi pengambilan sumpah WNI dengan khidmat.

"Saya masih seperti sedang bermimpi, akhirnya bisa menjadi WNI,” ujarnya dengan semangat seperti yang dikutip melalui siaran pers Kemenkumham Jatim.

2. Sempat gugup saat diambil sumpah

Resmi Jadi WNI, Otavio Dutra Berterima Kasih kepada BonekIDN Times/Dok. Kemenkumham Kanwil Jatim

Dutra memang sudah lama mengadu nasib di sepak bola di Indonesia. Setidaknya selama 10 tahun ia ingin menjadi WNI agar dapat bergabung dengan Timnas Indonesia. Akhirnya keinginan Dutra itu terwujud. Dia bisa segera memperkuat Timnas pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Sempat nervous, diambil sumpah lebih berat daripada bermain sepak bola di depan 70 ribu suporter. Terima kasih atas support dari semua pihak, termasuk warga Surabaya, khususnya Bonekmania,” tuturnya.

Baca Juga: Persebaya Resmi Perpanjang Kontrak Otavio Dutra

3. Disahkan sebagai WNI karena dibutuhkan negara

Resmi Jadi WNI, Otavio Dutra Berterima Kasih kepada BonekIDN Times/Dok. Kemenkumham Kanwil Jatim

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati mengatakan, pengangkatan Dutra sebagai WNI merupakan kasus yang unik. Pasalnya, Dutra diangkat karena alasan dibutuhkan negara sesuai dengan pasal 20 UU No. 12 Th. 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia. Yaitu Orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara dapat diberi kewarganegaraan Republik Indonesia oleh Presiden.

“Saudara telah mengucapkan sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia, itu artinya saudara mulai hari ini menjadi manusia baru, yaitu manusia yang berbangsa Indonesia, mencintai Indonesia, membela tanah air Indonesia, berjuang sekuat tenaga untuk kemakmuran dan kesejahteraan Negara Republik Indonesia,” ujar Susy kepada Dutra.

4. Diharapkan bisa beri sumbangsih untuk Timnas

Resmi Jadi WNI, Otavio Dutra Berterima Kasih kepada BonekIDN Times/Dok. Kemenkumham Kanwil Jatim

Sebelumnya, Dutra sempat dipanggil pelatih Timnas Simon McMenemy untuk dua laga awal kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia dan Thailand. Namun dia akhirnya dikembalikan ke Persebaya karena proses naturalisasinya belum sepenuhnya rampung.

"Warga Kota Surabaya saat ini ingin Persebaya menjadi klub papan atas dan nomor satu di kancah persepakbolaan nasional. Juga Indonesia, saat ini ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bukan tim sembarangan. Tunjukkan bahwa saudara mampu meraihnya,” pesan Susy kepada Dutra.

Baca Juga: Otavio Dutra & Rian Irianto Cidera, Persebaya Krisis Pemain Belakang

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You