Persik Kediri Resmi Tunjuk Javier Roca Sebagai Pelatih Kepala

Belum pernah melatih di Indonesia

Kediri, IDN Times - Misteri siapa pelatih Persik Kediri terjawab sudah. Pihak manajemen secara resmi menunjuk Javier Roca sebagai pelatih kepala baru di sisa komperisi BRI Liga 1 2021/2022. Pria asal Chili itu akan menjadi juru taktik Macan Putih sampai akhir musim ini. Meskipun belum mempunyai pengalaman melatih tim di Indonesia, namun manajemen percaya pengalaman yang dimiliki Roca.

1. Manajemen percaya pengalaman Roca bermain di Indonesia

Persik Kediri Resmi Tunjuk Javier Roca Sebagai Pelatih KepalaPersik resmi tunjuk Javier Roca sebagai Pelatih Kepala Baru. IDN Times/ istimewa

Manajer Tim Persik Yahya Hasan Alkatiri mengatakan, ada sejumlah pertimbangan penunjukan Roca sebagai pelatih kepala. Pertama, Roca sangat mengenal karakter pemain Indonesia. Pengalamannya bermain di tanah air menjadi modal penting menangani klub Indonesia. Roca pernah bermain untuk beberapa tim seperti PSMS Medan, Persija Jakarta, hingga Persebaya Surabaya.

"Roca bukan nama yang asing di Indonesia, meskipun belum pernah melatih tim di Indonesia namun pengalamannya sebagai pemain sudah cukup banyak," ujarnya, Kamis (11/11/2021).

2. Cocok dengan visi dan misi yang diusung Persik

Persik Kediri Resmi Tunjuk Javier Roca Sebagai Pelatih KepalaPersik resmi tunjuk Javier Roca sebagai Pelatih Kepala Baru. Instagram.com/Liputan Persik

Selain itu, Roca juga menyukai gaya main Persik. Kesamaan visi itulah yang akhirnya membuat Persik dan Roca sepakat menjalin kerja sama. Pelatih dengan nama lengkap Javier Leopoldo Roca Sepulveda kini memegang lisensi kepelatihan Pro License A yang dikeluarkan federasi sepak bola Chili.

Di negara asalnya tersebut, pria 44 tahun ini pernah membawa klub Santa Cruz promosi ke Liga 2. Roca juga penah menjadi trainer bagi calon pelatih yang mengurus lisensi di National Football Institute (INAF) di Chili. "Kami meyakini coach Roca akan membawa tim ini jauh lebih baik mengarungi musim ini," tuturnya.

Baca Juga: Pelatih Asing Menjadi Juru Racik Persik Kediri di Sisa Kompetisi

3. Roca tertarik proyek jangka panjang Persik Kediri

Persik Kediri Resmi Tunjuk Javier Roca Sebagai Pelatih KepalaPersik resmi tunjuk Javier Roca sebagai Pelatih Kepala Baru. Instagram.com/Mafia Wasit

Sementara itu Roca mengaku tertarik dengan penawaran yang diberikan oleh Persik. Sebelumnya dia banyak sekali mendapat tawaran dari klub Liga 2 Indonesia. Roca sangat tertarik dengan sejumlah proyek yang akan dikembangkan oleh Persik Kediri si masa mendatang. "Pertama, saya memilih Persik karena bermain di Liga 1. Pertimbangan lain saya tertarik dengan proyek yang dikembangkan Persik di masa depan. Mereka memiliki manajemen yang diisi orang-orang baru di sepak bola dengan visi-misi yang modern," pungkasnya.

Baca Juga: Pemain Persik Kediri Kenakan Pita Hitam Saat Lawan Persiraja

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya