Nasib Pemain Asing Persebaya, 3 Lepas dan 1 Bebas Transfer

Waduh yaopo iki rek? Tetap Wani! 

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya terancam kehilangan semua pemain asingnya yang mengantarkan finish di posisi kelima Liga 1 musim 2021/2022. Tiga pemain asing sudah dipastikan dilepas Bajul Ijo--julukan Persebaya-, sedangkan satu pemain statusnya masih menggantung.

1. Valport, Marukawa dan Bruno lepas

Nasib Pemain Asing Persebaya, 3 Lepas dan 1 Bebas TransferRenshi Yamaguchi saat berduel dengan striker Persebaya, Arsenio Valport. Instagram/aremafcofficial

Tiga pemain asing yang dipastikan tidak membela Persebaya musim depan ialah Arsenio Valport, Taisei Marukawa dan Bruno Moreira. Valport diketahui dilepas begitu saja oleh Persebaya karena performanya tidak sesuai ekpektasi pelatih, Aji Santoso.

"Valport sudah pasti (keluar). Valport gak perlu dibahas. Sudah selesai," tegasnya saat konferensi pers Jumat (1/4/2022).

Sedangkan untuk Marukawa, negosiasi alot sempat terjadi. Pemain asal Jepang itu tak kunjung memberikan kepastian nilai kontrak yang diinginkan. Sampai akhirnya mengumumkan bahwa sudah bergabung dengan PSIS Semarang.

Kemudian Bruno Moreira disebut Aji, sudah pasti pindah ke salah satu klub di Yunani. Pemain asal Brazil itu ingin mencari tantangan baru dengan merumput di Eropa. "Yang jelas, Bruno ke Yunani. Bruno anak baik, fighting spiritnya bagus," kata dia.

Baca Juga: 2 Pemain Kunci yang Tak Lagi Bersama Persebaya Musim Depan

2. Alie Sesay berpotensi besar lepas

Nasib Pemain Asing Persebaya, 3 Lepas dan 1 Bebas TransferAlie Sesay (instagram.com/officialpersebaya)

Sementara untuk bek asing andalan pada musim lalu, Alie Sesay statusnya belum jelas. Namun ketika IDN Times mengecek di situs Transfermarkt, pemain berusia 27 tahun ini berstatus bebas transfer. Kontrak Alie dengan tim kesayangan Bonek diketahui telah habis.

Nah, sekarang ini Alie juga telah terbang pulang ke negara asalnya. Alie diketahui berkewarganegaraan Sierra Leonna. Menurut Aji, kepulangan Alie hanya untuk menikah saja. Namun dia belum mendapatkan kepastian apalah Alie akan kembali atau tidak.

'"Alie sesay kita lihat, dia (pulang) mau merried (nikah)," ucapnya.

Baca Juga: Persebaya Bongkar Alasan Gagal Pertahankan Taisei Marukawa

3. Kumpulkan semua pemain untuk bentuk kerangka baru bulan depan

Nasib Pemain Asing Persebaya, 3 Lepas dan 1 Bebas TransferPemain Persebaya Surabaya Fandry Imbiri (dua dari kiri) sesaat setelah menyundul bola dan coba diadang oleh bek PSM Makassar Steven Paulle (dua dari kiri) dalam laga pekan ke-30 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, 10 November 2018. (Persebaya.id/Satrio Wicaksono)

Apabila Persebaya kehilangan semua pemain asingnya, maka pekerjaan berat menanti Aji yang sudah diperpanjang kontraknya selama dua musim ke depan. Sebab, Liga 1 musim depan akan dimulai pada pertengahan Juli mendatang. Selain mencari pemain asing, Aji juga akan sibuk membuat kerangka tim baru.

Rencananya, Aji akan mengumpulkan pemain Persebaya yang bertahan dan yang baru bergabung pada 9 Mei nanti. "Tanggal 9 (Mei) saya mau (kumpulkan) semua pemain, tidak hanya lokal, asing juga bisa bergabung," pungkas mantan pelatih Persela Lamongan ini.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya