Imbas Laga Persebaya Kontra Arema FC, Empat Motor Dibakar

Dua suporter dilarikan ke rumah sakit

Blitar, IDN Times - Tensi panas laga Persebaya Surabaya kontra Arema FC tak hanya terasa di dalam lapangan. Kondisi itu merembet ke area luar lapangan. Bahkan, sempat terjadi beberapa insiden di area sekitar Stadion Soepriadi, Kota Blitar, Selasa (18/2). Hal itu setelah suporter kedua tim yakni Aremania dan Bonekmania tetap datang ke Kota Blitar. Padahal sudah ada instruksi bahwa laga semifinal Piala Gubernur Jatim tersebut digelar tanpa penonton.

1. Sempat terjadi gesekan antara dua suporter

Imbas Laga Persebaya Kontra Arema FC, Empat Motor DibakarSuasana di sekitar stadion Soeprijadi Blitar sebelum laga Persebaya vs Arema digelar, Selasa (18/2). IDN Times/Alfi Ramadana

Meskipun ada imbauan kepada dua kelompok suporter untuk tak datang ke Kota Blitar, namun baik Aremania dan Bonekmania tetap nekat datang. Menurut keterangan Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela tercatat lebih dari 2000 suporter yang datang ke Kota Blitar dari kedua tim. Sempat terjadi insiden lantaran dua kelompok suporter tersebut bertemu di Jl Kapuas, Kota Blitar. Akibat insiden tersebut, empat buah sepeda motor dibakar.

"Sempat terjadi insiden tadi saat kedua kelompok massa pendukung ini ketemu. Tetapi kami dari dari tim keamanan langsung menanggulangi dan memisahkan dua kelompok ini," beber Leonard, Selasa (18/2/2020).

2. Dua suporter dibawa ke rumah sakit

Imbas Laga Persebaya Kontra Arema FC, Empat Motor DibakarSuasana di sekitar stLaga semifinal Piala Gubernur Jatim antara Persebaya vs Arema Selasa (18/2). IDN Times/Alfi Ramadana

Akibat dari insiden tersebut, dua suporter harus dibawa ke rumah sakit lantaran terluka. Satu orang mengalami patah kaki. Sementara satu lainya harus mendapatkan perawatan karena terluka dibagian kepala. Selain itu setidaknya ada empat buah sepeda motor yang dirusak dan dibakar pada insiden tersebut.

"Ada empat motor yang dirusak. Kami masih melakukan pengecekan untuk memastikan kendaraan milik siapa yang rusak," tambahnya.

3. Nyaris dua kali terjadi bentrok

Imbas Laga Persebaya Kontra Arema FC, Empat Motor DibakarSuasana di sekitar stadion Soeprijadi Blitar sebelum laga Persebaya vs Arema digelar, Selasa (18/2). IDN Times/Alfi Ramadana

 

Setelah sempat terjadi bentrok di pertigaan Jl Kapuas, Kota Blitar, dua kelompok suporter tersebut kembali bertemu di area persawahan dekat stadion. Beruntung tak sampai terjadi bentrokan berikutnya. Sebab, pihak keamanan langsung menghalau dan memisahkan dua kelompok tersebut. Sehingga, insiden lebih besar bisa dicegah atas kesigapan tim keamanan.

"Petugas langsung sigap menghalau dan memisahkan dua kelompok suporter tersebut. Sehingga, tidak sampai terjadi bentrokan yang menimbulkan korban," jelasnya.

4. Pastikan tidak ada korban meninggal

Imbas Laga Persebaya Kontra Arema FC, Empat Motor DibakarKapolres Blitar Kota, AKBP Leonard Sinambela saat pengamanan pertandingan Arema FC kontra Persebaya. IDN Times/ Alfi Ramadana

 

Di sisi lain, Leonard memastikan bahwa tidak ada korban meninggal dari insiden tersebut. Sejauh ini yang terjadi hanya dua korban luka dan empat buah motor dirusak. Sementara untuk lainnya pihaknya memastikan tidak ada.

"Tidak ada korban meninggal. Juga tidak ada kendaraan roda empat yang rusak," katanya.

Sementara itu, selama proses pengamanan pihak kepolisian menahan satu orang suporter. Suporter tersebut ditahan karena kedapatan membawa senjata tajam. Setelah diketahui, pihak keamanan langsung mengamankan yang bersangkutan untuk dimintai keterangan.

"Satu orang suporter kami tahan karena membawa sajam," pungkasnya.

Baca Juga: Tekuk Persela Lamongan, Arema FC Lolos Semifinal Piala Gubernur Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya