Bawa Timnas ke Final, PSSI Siap Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Kinerja Shin Tae Yong cukup berhasil bersama timnas

Malang, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuka peluang untuk memperpanjang kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Hal itu dilakukan setelah kinerja pelatih asal Korea Selatan itu dinilai cukup berhasil memperbaiki kualitas permainan Timnas Indonesia. Salah satu indikatornya adalah keberhasilan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menembus final Piala AFF. 

1. PSSI puas dengan kinerja Shin Tae-yong

Bawa Timnas ke Final, PSSI Siap Perpanjang Kontrak Shin Tae-yongShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyebut bahwa saat ini Shin masih memiliki kontrak hingga 2023. Artinya eks pelatih Timnas Korsel itu masih memiliki dua tahun kontrak lagi bersama Indonesia. 

"Setelah melihat apa yang dilakukan sampai saat ini PSSI secara objektif melihat bahwa Shin Tae-yong memiliki keunggulan untuk melatih timnas. Tentu ini menjadi evaluasi positif dari Ketua umum dan eksekutif PSSI kepada dia," paparnya Senin (27/12/2021). 

2. Progres penampilan Timnas Indonesia sangat terasa

Bawa Timnas ke Final, PSSI Siap Perpanjang Kontrak Shin Tae-yongLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Lebih jauh, Yunus menambahkan bahwa PSSI sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Shin. Hal itu lantaran secara progres, penampilan Timns Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Shin dinilai memiliki pengaruh positif yang luar biasa untuk Timnas. 

"Progres itu sangat terasa bagaimana Timnas Indonesia bisa mengalahkan Malaysia, menahan Vietnam, dan menang atas Singapura. Tentu kami berharap performa bagus itu bisa diteruskan saat menghadapi Thailand nanti," tambahnya. 

Baca Juga: Shin Tae Yong Sempat Ribut-ribut di Laga Indonesia vs Singapura

3. Tak ada catatan khusus pada Piala AFF kali ini

Bawa Timnas ke Final, PSSI Siap Perpanjang Kontrak Shin Tae-yongEvan Dimas dan Irfan Jaya merayakan gol Indonesia di Piala AFF / PSSI

Sementara itu, terkait perjalanan Piala AFF 2020 kali ini, Yunus menyebut secara umum tidak ada catatan dari PSSI. Hanya saja sempat terjadi sedikit kekecewaan saat Elkan Baggot sempat tak bisa bermain karena harus menjalani karantina. Tetapi semua itu kemudian sudah berlalu terlebih dari otoritas Singapura juga sudah berkomunikasi dengan PSSI menjelaskan permasalahan tersebut. 

"Setelah itu saat Egy Maulana datang dan bergabung dengan Timnas Indonesia mendapat support baik dari Federasi Sepak Bola Singapura hingga panpel piala AFF. Karena hal tersebut, kami tetap berfikir dan tidak melihat ada hal-hal yang ganjil," sambungnya. 

Yunus pun meyakini bahwa gelaran partai final bakal berjalan baik dan lancar. "Terkadang memang ada sedikit kendala. Tapi sampai saat ini kami melihat semua berjalan lancar," tandasnya. 

Baca Juga: Shin: Keputusan Wasit di Laga Indonesia vs Singapura Tepat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya