4 Fakta Saga Transfer Gustavo Almeida, Arema FC Barter Simic?

Banyak hal menarik yang terjadi

Arema FC membuat kejutan setelah melepas bintangnya pada jeda kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Ia adalah Gustavo Almeida. Penyerang berdarah Brasil itu resmi dilepas ke klub lain, Persija Jakarta.

Kepergian Gustavo masih menimbulkan sejumlah pertanyaan dari berbagai pihak sejauh ini. Bagaimana tidak, sang pemain yang notabene jadi tulang punggung tim malah dilepas begitu saja oleh Arema. Akan tetapi, jika dikupas lebih dalam, klub berjuluk Singo Edan itu rupanya memiliki alasan tersendiri mengapa akhirnya merelakan kepergian Gustavo ke Persija.

1. Arema terlilit masalah finansial

4 Fakta Saga Transfer Gustavo Almeida, Arema FC Barter Simic?Arema FC dalam laga menghadapi PSS Sleman di Liga 1 Indonesia 2023/2024 putaran pertama. (instagram.com/aremafcofficial)

Persoalan finansial rupanya tengah menerpa Arema FC. Tak dipungkiri, berbagai aspek penting Singo Edan memang diuji saat mengarungi Liga 1 2023/2024. Paling tampak adalah ketika tak boleh bermain di Malang, Jawa Timur.

Semenjak terjadi Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022, Arema dihukum tidak boleh berlaga di Malang. Mereka harus bermain di kota lain untuk dijadikan sebagai homebase sementara. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, adalah markas pilihan Arema saat ini.

Semua problematika itu rupanya berimbas pada kondisi finansial Arema. Singo Edan tak bisa mendapat pemasokan dana klub dari kehadiran Aremania. Itu disebabkan jarak untuk menempuh Bali dari Kota Malang terbilang jauh.

Baca Juga: Marko Simic Masuk Radar Arema FC

2. Gustavo Almeida pergi dengan status pinjaman

4 Fakta Saga Transfer Gustavo Almeida, Arema FC Barter Simic?Gustavo Almeida (instagram.com/liga1match)

Di tengah krisis keuangan yang terjadi akhirnya bikin saga transfer Gustavo Almeida ke Persija dibuat. Beberapa kabar mengatakan jika sang pemain didatangkan dengan harga yang mahal. Bahkan, ada juga yang bilang biaya transfer Gustavo sanggup mencukupi biaya operasional Arema selama 3—4 bulan ke depan.

Kendati demikian, kepergian Gustavo sendiri tidak selamanya harus berpisah dengan Arema. Sebab, sang bomber dilepas dengan skema peminjaman saja selama 6 bulan atau setengah musim. Gustavo akan pulang ke Arema lagi pada akhir Liga 1 2023/2024.

3. Kepindahan ini melibatkan status pemain pinjaman Arema, Achmad Syarif dan Ginanjar Wahyu

4 Fakta Saga Transfer Gustavo Almeida, Arema FC Barter Simic?Arema FC (instagram.com/aremafcofficial)

Menariknya, ada kesepakatan lain yang menyertai saga transfer Gustavo Almeida ke Persija. Kepergian sang pemain rupanya melibatkan status dua pemain pinjaman Arema pada 2023/2024 ini. Mereka adalah Achmad Maulana Syarif dan Ginanjar Wahyu Ramadhani.

Kedua pemain itu sebenarnya merupakan pemain Persija yang baru direkrut Arema musim ini. Syarif dan Ginanjar diboyong dengan status pinjaman saja. Namun, karena keduanya mencuri perhatian di Arema, Singo Edan pun mengambil langkah penting untuk merekrut mereka secara permanen. Benar saja, Syarif dan Ginanjar resmi menjadi milik Arema saat ini seusai Gustavo dilepas ke Persija.

4. Beredar rumor Arema kepincut dengan mantan bomber Persija

4 Fakta Saga Transfer Gustavo Almeida, Arema FC Barter Simic?Marko Simic (instagram.com/markosimic_77)

Kepergian Gustavo Almeida membuat slot pemain asing Arema kosong saat ini. Alhasil, mereka harus mencari yang baru lagi jika ingin mengandalkan sosok penyerang berkualitas. Benar saja, beberapa rumor berkata Arema sedang melakukan pendekatan dengan beberapa striker asing sejauh ini, seperti Rafael Silva dan Gilbert Alvarez.

Uniknya, dari dua nama yang dirumorkan itu, terselip ada nama eks bomber Persija juga di sana. Ia adalah Marko Simic, pemain asal Kroasia. Hal itu mungkin saja terjadi mengingat Simic tampil tidak sesuai ekspetasi bersama Persija musim ini.

Di Liga 1 2023/2024, Simic diketahui baru mengemas 3 gol saja dari 13 laga sebagai seorang ujung tombak. Dengan statistik tak optimal itu, tak heran manakala Persija merasa kurang puas. Mereka bisa saja melepas Simic setelah berhasil mendatang Gustavo dari Arema.

Itulah empat fakta terkait saga transfer Gustavo Almeida ke Persija Jakarta pada 2023/2024 ini. Apakah karier Gustavo akan sama moncernya saat membela Persija nanti?

Baca Juga: Marko Simic Comeback Jelang Persija vs Barito

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya