Comscore Tracker

Jatim Merangsek Peringkat 2 PON Papua, Crosser Lamongan Berjaya

Yok bisa juara umum

Surabaya, IDN Times - Peringkat Jawa Timur (Jatim) pada pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua kembali naik. Data PB PON pukul 24.00 WIT, Sabtu (9/10/2021) menyebut, saat ini Jatim berada di posisi kedua. Tepat di bawah Jawa Barat yang masih di puncak klasemen sementara.

 

1. Jatim koleksi 181 medali berada di peringkat 2

Jatim Merangsek Peringkat 2 PON Papua, Crosser Lamongan BerjayaGubernur Khofifah (kiri) bersama Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung usai pelepasan atlet Jatim ke PON Papua. Dok. Ist.

Jatim sendiri mengoleksi total 181 medali. Terdiri dari 68 medali emas, 61 perak dan 52 perunggu. Sedangkan peringkat pertama, Jabar mengumpulkan 78 emas, 65 perak dan 71 perunggu dengan total 214 medali. Sementara DKI Jakarta masih menempel ketat di posisi ketiga.

Nah, DKI Jakarta sendiri meraih sebanyak 192 medali. Rinciannya, 68 emas, 54 perak dan 70 perunggu. Sementara tuan rumah, Papua berada di peringkat keempat. Mereka mengumpulkan 59 emas, 32 perak dan 59 perunggu dengan total 150 medali.

2. Salah satu penyumbang emas ialah crosser asal Lamongan

Tambahan medali emas Jatim disumbangkan oleh crosser asal Lamongan, Ananda Rigi Aditya dalam cabang olahraga (cabor) motocross. Rigi menaklukkan lintasan dengan catatan waktu kurang dari 20 menit dari 23 lap plus 2. 

Catatan tersebut membuat Rigi mampu mengalahkan crosser tuan rumah, Yosua Pattipi serra crosser DKI Jakarta Delvintor Alfariz. "Saya senang sekali. Ini bisa mengobati kekecewaan cabor bermotor dimana nomor road race tersakiti," ujarnya.

"Sukses ini juga untuk masyarakat Lamongan dan Jawa Timur, khususnya untuk keluarga," dia menambahkan.

3. Targetkan juara umum di PON XX

Jatim Merangsek Peringkat 2 PON Papua, Crosser Lamongan BerjayaPengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Capaian Rigi pun mendapat apresiasi dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Ia mengunggah prestasi putera asal Kota Soto itu di Instagram @khofifah.ip, Minggu (10/10/2021). Mantan Menteri Sosial ini berharap atlet Jatim lainnya dapat terpacu untuk menyumbangkan emas hari ini.

"Semoga hari ini hingga 15 Oktober mendatang, atlet Jatim berhasil membawa pulang banyak emas dari tanah Papua dan menjadi juara umum PON XX Papua 2022," pungkasnya.

Baca Juga: [FOTO] Kopi Papua Jadi Primadona saat PON XX

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya