Comscore Tracker

Marak saat Ramadan, Polisi Bubarkan Balap Liar di Jombang

Sidang tilang setelah lebaran

Jombang, IDN Times - Balap liar di jalan ring road Mojoagung, Jombang seakan tak pernah ada hentinya. Meski aparat kepolisian kerap melalukan razia, para muda-mudi masih saja melakukan balap liar yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

1. Balap liar dilakukan setelah subuh dan menjelang buka puasa

Marak saat Ramadan, Polisi Bubarkan Balap Liar di JombangSejumlah motor yang diamankan polisi. IDN Times/Istimewa

Saat Ramadan tiba, balap liar di Jombang bukannya sepi, tapi malah makin marak. Pada awal Ramadan ini, aksi balap liar dilakukan usai salat Subuh. Sebab, pada jam-jam tersebut jarang ada razia polisi.

Selain pagi hari, balap liar juga dilakukan pada sore hari. Minggu sore (26/4), Polsek Mojoagung bersama Satlantas dan Satsabhara Polres Jombang membubarkan balap liar itu. Beberapa orang diamankan.

"Balap liar seperti ini sangat meresahkan masyarakat. Kami akan intensifkan razia di sini," kata Kasubbaghumas Polres Jombang AKP Hariyono dikonfirmasi Minggu malam.

2. Pengendaraan yang tertangkap diberikan tindakan berupa tilang

Marak saat Ramadan, Polisi Bubarkan Balap Liar di JombangBeberapa sepeda motor yang diamankan polisi. IDN Times/Istimewa

Melihat petugas kepolisian yang datang, para pemuda yang balapan dan para penonton langsung berhamburan melarikan diri. Saat itu juga, polisi melakukan pengejaran dan menangkap sejumlah pengendara sepeda motor. Polisi juga menyita motor perotolan tanpa STNK yang fipakai untuk balapan.

"Sebanyak 8 unit kendaraan roda dua berhasil diamankan dilakukan penindakan berupa tilang," ujar Hariyono.

Baca Juga: Dirazia Polisi, Penonton dan Pembalap Liar di Jombang Kocar-kacir

3. Total 26 motor diamankan dan disidangkan setelah lebaran

Marak saat Ramadan, Polisi Bubarkan Balap Liar di JombangSalah satu motor diangkut dan diamankan polisi. IDN Times/Zainul Arifin

Pekan lalu, polisi yang merazia di lokasi tersebut juga berhasil mengamankan 18 unit motor yang tidak sesuai standar. Kendaraan itu dibawa ke Satlantas untuk diproses. Hingga sampai saat ini, total yang diamankan sebanyak 26 motor.

Kanitlantas Polsek Mojoagung Ipda Trisula Hadi menjelaskan, seluruh motor yang telah diamankan akan disidangkan setelah hari raya Idulftri mendatang. Harapannya, para pembalap liar itu jera dan tidak mengulangi perbuatannya.

"Sanksinya kami tilang dan semua akan disidangkan setelah hari raya. Jadi, pengambilannya setelah hari raya. Untuk kendaraan yang tidak sesuai dengan standar, maka pemilik harus membawa kelengkapan aslinya," ujar Trisula

Baca Juga: Polres Bondowoso Bubarkan Balap Liar di Tengah Pandemik Corona

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya