Viral Pembentangan Bendera Tauhid di Tulungagung, Ini Fakta Terbarunya

Bendera tidak dikibarkan, sekedar dibentangkan

Tulungagung, IDN Times - Jagat sosial kembali diramaikan dengan foto pengibaran bendera yang diduga milik Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh sejumlah wanita bercadar. Kali ini, dugaan pengibaran bendera hitam dengan lafaz tahlil itu dilakukan pada acara salawatan di MAN 1 Tulungagung, Sabtu (27/10).

Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar, memberikan sejumlah klarifikasi terkait kabar yang beredar di dunia maya. Menurutnya, hal itu penting supaya publik tidak termakan berita bohong serta mencegah terjadinya kegaduhan di masyarakat.

Apa saja sih fakta terbaru dan klarifikasi dari Kapolres Tulungagung?

Baca Juga: JK: Pemerintah Tidak Akui Bendera yang Dibakar adalah Bendera Tauhid

1. Bendera dibentangkan bukan dikibarkan

Viral Pembentangan Bendera Tauhid di Tulungagung, Ini Fakta TerbarunyaTwitter/@ketawatakutdosa

Berdasarkan keterangan AKBP Tofik Sukendar, bendera tersebut tidak dikibarkan melainkan dibentangkan. “Itu berbeda ya antara dibentangkan dengan dikibarkan. Dan mereka itu sekedar membentangkan terus disebar fotonya,” kata Tofik saat dihubungi IDN Times, Senin (5/11).

2. Pembentangan bendera terjadi setelah acara selesai

Viral Pembentangan Bendera Tauhid di Tulungagung, Ini Fakta TerbarunyaTwitter/Kaffah Media

Setelah memanggil sejumlah saksi, Tofik memastikan bahwa pembentangan bendera yang diduga milik HTI itu dilakukan ketika acara sudah selesai. “Jadi bukan bagian dari acara. Ketika acara sudah selesai, sudah bubar, mereka baru foto-foto,” tambahnya.

3. Polisi tengah menyelidiki identitas bendera

Viral Pembentangan Bendera Tauhid di Tulungagung, Ini Fakta TerbarunyaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Hingga hari ini, polisi enggan menyimpulkan bahwa bendera yang dibentangkan adalah bendera HTI. Penyelidikan lebih lanjut masih terus dilakukan. “Apakah itu bendera HTI atau bukan kami masih mendalami. Yang beredar itu kan bendera hitam dengan lafaz tahlil,” terang dia.

4. Polsek Boyolangu bersama Polres Tulungagung usut laporan lebih jauh

Viral Pembentangan Bendera Tauhid di Tulungagung, Ini Fakta TerbarunyaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Setelah viral di sosial media, LBH Ansor melaporkan foto tersebut ke petugas berwajib. “Saat ini kasusnya ditangani oleh Polsek Boyolangu, tentunya dibackup juga oleh Polres Tulungagung,” imbuhnya singkat.

Baca Juga: Wapres: Pemerintah Tidak Akan Akui Bendera Tauhid

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya