Keren! Gandrung Sewu Kembali Masuk Kalender Wisata Nasional 2019

Ayo ke Banyuwangi, banyak festival yang seru nih

Banyuwangi, IDN Times - Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya, mengatakan Festival Gandrung Sewu akan kembali masuk dalam 100 calendar of event nasional. Hal itu dikatakan oleh Arief usai dirinya terbelalak dengan kemegahan sendratari rakyat Festival Gandrung Sewu di Pantai Boom, Banyuwangi, Sabtu (20/10). 

Menurut Arief, setelah melalui proses kurasi, jajaran kementerian Pariwisata menilai kualitas pelaksanaan Gandrung Sewu terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. 

Baca Juga: Jelang Festival Gandrung Sewu, Okupansi Hotel di Banyuwangi Melonjak

1. Bersaing dengan 200 event lainnya

Keren! Gandrung Sewu Kembali Masuk Kalender Wisata Nasional 2019IDN Times/Istimewa

Bukan perkara mudah bagi tim kurator untuk menetapkan event top nasional. Setidaknya, Festival Gandrung Sewu harus bersaing dengan 200 event lainnya.  

"Untuk masuk top 100 kalender event nasional, sebuah event harus bersaing dengan lebih dari 200 event lain se-Indonesia. Gandrung Sewu lolos penilaian tim dan dinyatakan layak masuk dalam Top 100 Calendar of Events," kata Arief melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Minggu (21/10). 

2. Gandrung Sewu memiliki kelebihan 3C

Keren! Gandrung Sewu Kembali Masuk Kalender Wisata Nasional 2019Dok. IDN Times/Istimewa

Menurut menteri kelahiran Banyuwangi itu, Gandrung Sewu memiliki nilai lebih sebagai pertunjukan seni yang baik, yaitu Creativity, Cultural, dan Commercial atau dikenal dengan 3C. 

"Gandrung Sewu ini sangat kreatif. Mulai dari jumlah penampilnya yang kolosal, konfigurasi tarinya apik kelas dunia, dan yang jelas sangat cameragenic. Indah di kamera, sekaligus indah di offline," tambahnya. 

3. Berpotensi mengangkat ekonomi daerah

Keren! Gandrung Sewu Kembali Masuk Kalender Wisata Nasional 2019Dok. IDN Times/Istimewa

Tidak kalah penting, Gandrung Sewu ini adalah kebudayaan asli Banyuwangi. Arief berharap, setelah ditetapkan sebagai top 100 dalam calendar of event nasional, Gandrung Sewu mampu mendongkrak potensi ekonomi daerah. 

"Warung dan restoran rakyat ramai diserbu ribuan wisatawan, penginapan penuh, wisatawan belanja oleh-oleh. Dan yang tak kalah penting, ada dukungan yang tinggi dari kepala daerahnya terhadap sektor pariwisata sangat kuat," tutur Menpar

4. Banyak festival di Banyuwangi masuk celandar event nasional

Keren! Gandrung Sewu Kembali Masuk Kalender Wisata Nasional 2019Humas Kabuoaten Banyuwangi

Pada 2018, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, sekurangnya mencanangkan 77 festival sepanjang tahun. Karenanya, selain Festival Gandrung Sewu, event lain yang masuk calendar nasional adalah Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

Tiga event di atas dipastikan kembali masuk event nasional 2019. “Bahkan, BEC masuk top 10 event nasional,” ungkapnya. 

5. Anas sambut baik keputusan Menpar

Keren! Gandrung Sewu Kembali Masuk Kalender Wisata Nasional 2019IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Azwar Anas menyambut gembira kabar tersebut. “Terima kasih kepada Kemenpar yang terus mendukung perkembangan pariwisata di Banyuwangi. Ini akan menjadi spirit bagi kami untuk lebih kreatif menggarap sektor wisata sebagai sarana menggerakkan ekonomi warga,” tutup Anas. 

Baca Juga: Gara-gara Festival Gandrung, Kuliner Khas Banyuwangi Ludes Diburu

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya