Viral Kecelakaan Kerja di Pabrik Gula Kebon Agung Malang 

Kecelakaan kerja di PG Kebon Agung bukan yang pertama kali

Malang, IDN Times - Kecelakaan kerja kembali terjadi di Pabrik Gula (PG) Kebon Agung di Jalan Raya Kebonagung, Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Kejadian ini dialami oleh Muhammad Faruk (25) warga Jalan Langsep Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang pada Senin (05/06/2023) siang.

Kejadian ini menjadi viral di Twitter ketika akun @kepanjen_kita membuat thread. Ia membuat thread dengan judul 'Terjadi Lagi! Karyawan Pabrik Gula Kebonagung Meninggal Digilas Mesin.' Tweet tersebut telah ditonton sebanyak 50 ribu orang, mendapatkan 576 like, 213 retweet, dan 50 reply.

1. Kronologi kecelakaan kerja di PG Kebon Agung yang viral di Twitter

Viral Kecelakaan Kerja di Pabrik Gula Kebon Agung Malang Rumah Sakit Wava Husada, Kabupaten Malang. (Dok RS Wava Husada)

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh jurnalis IDN Times, Faruk awalnya bekerja seperti biasa di bagian mesin penggilingan atau mixer pada Senin (05/06/2023) siang. Tapi tiba-tiba ia terpeleset saat berjalan diantara mesin tersebut. Hasilnya ia terjatuh ke dalam mesin yang tengah bekerja.

Apesnya, jaring pengaman yang biasanya terpasang justru dalam kondisi telah dilepas. Faruk akhirnya mengalami luka cukup serius akibat kejadian tersebut. Ia lalu dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Wava Husada Kepanjen.

Namun, meskipun ia sudah mendapat perawatan intensif di (intensive care unit) ICU RS Wava Husada Kepanjen, nyawa Faruk tak dapat diselamatkan. Ia menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit akibat kecelakaan tersebut.

Baca Juga: Pembunuhan Pengemudi Taksi Malang, Pelaku Kena PHK dan Terjerat Utang

2. Pihak PG Kebon Agung diduga menutup-nutupi kejadian kecelakaan kerja di pabriknya

Viral Kecelakaan Kerja di Pabrik Gula Kebon Agung Malang Pabrik Gula Kebon Agung, Kabupaten Malang. (Dok PG Kebon Agung)

Sampai saat ini, IDN Times belum bisa mengkonfirmasi pihak PG Kebon Agung untuk menanyakan kejadian kecelakaan terjadi di pabrik yang berdiri sejak 1905 ini. Bahkan ada kesan menutup-nutupi kecelakaan kerja ini hingga akhirnya viral di media sosial.

Ketika jurnalis IDN Times ingin menanyakan kecelakaan tersebut kepada salah satu karyawan PG Kebon Agung, ia menyatakan tidak berani memberi pernyataan. Ia mengaku mendapatkan instruksi agar tidak berbicara banyak tentang kejadian tersebut.

Padahal, sebenarnya kecelakaan kerja di PG Kebon Agung ini bukan yang pertama kali terjadi. Pada 2013 ada 4 pegawai asal Kediri yang tewas karena asap dari tungku pemasak gula. Lalu pada 2017 ada seorang pegawai yang tewas tertimpa spare part mesin pabrik yang beratnya mencapai 2 ton, hal ini disebabkan sling baja pengikat mesin putus.

3. Pihak kepolisian benarkan kecelakaan kerja di PG Kebon Agung

Viral Kecelakaan Kerja di Pabrik Gula Kebon Agung Malang Kasatreskrim Polres Malang, IPTU Wahyu Rizky Saputra. (Foto: Rizal Adhi Pratama)

Sementara pihak Polres Malang membenarkan adanya kecelakaan kerja yang terjadi di PG Kebon Agung pada Senin (05/06/2023) lalu. Korban bernama Muhammad Faruk tewas di RS Wava Husada Kepanjen setelah masuk ke dalam mesin penggiling.

"Benar memang ada kecelakaan kerja di PG Kebon Agung. Sampai saat ini kita masih melakukan penyelidikan," terang Kasatreskrim Polres Malang, Iptu Wahyu Rizki Saputro.

Wahyu juga tidak memberikan banyak komentar terkait kejadian tersebut. Pasalnya pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait apakah ada kelalaian dari pihak pengelola pabrik gula tersebut.

Baca Juga: Viral Pria di Malang Nekat Mandi di PDAM Kota Malang Gegara Air Mati

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya