Pandemik COVID-19, Upacara Kemerdekaan Digelar di Jalanan Madiun

Di Kota Madiun berlangsung di tujuh titik

Madiun, IDN Times - Upacara detik-detik proklamasi dalam memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia di Madiun digelar di jalan, pada Selasa (17/8/2021). Adapun lokasinya tersebar di tujuh tempat.  Titik kegiatan itu di perempatan Jalan Pahlawan, simpang lima Jalan Diponegoro, Perempatan Jalan Kolonel Marhadi. Selain itu, di pertigaan Mancaan, perempatan Te'an, dan pertigaan Pabrik Gula Redjo Agung. 

1. Petugas meminta pengguna jalan untuk mengikuti acara tahunan itu

Pandemik COVID-19, Upacara Kemerdekaan Digelar di Jalanan MadiunSejumlah pengguna jalan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di Simpang Lima, Kota Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Berdasarkan pantauan IDN Times, sejumlah pihak terlibat dalam kegiatan itu. Mereka di antaranya paskibraka, perwakilan dua perguruan silat, petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Satlantas Polres Madiun Kota.

Petugas tersebut juga mengajak para pengguna jalan untuk mengikuti upacara detik-detik proklamasi. "Mohon para pengguna jalan untuk menghentikan aktivitasnya sebentar. Mari kita mengikuti detik-detik proklamasi," ujar seorang petugas melalui pengeras suara di Pertigaan Pabrik Gula Redjo Agung.

Baca Juga: Upacara Kemerdekaan di Grahadi, Wajib Swab Antigen

2. Arus lalu lintas dihentikan sebentar

Pandemik COVID-19, Upacara Kemerdekaan Digelar di Jalanan MadiunArus lalu lintas di simpang lima Kota Madiun dihentikan sementara saat upacara detik-detik Proklamasi, Selasa (17/8/2021). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Ketika tepat pukul 10.15, petugas dari Satlantas Polres Madiun Kota menghentikan laju kendaraan bermotor dari lima arah. Para pengguna jalan diminta mengikuti upacara detik-detik proklamasi. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan RI.

"Saya salut dengan upacara detik-detik proklamasi yang diadakan di jalan seperti ini," ujar Raditya salah seorang pengguna jalan saat ditemui di Simpang Lima Jalan Diponegoro.

3. Paskibraka disebar di berbagai titik

Pandemik COVID-19, Upacara Kemerdekaan Digelar di Jalanan MadiunUpacara peringatan detik - detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-76 RI di simpang lima Kota Madiun, Selasa (17/8/2021). IDN Times/Nofika Dian Nugroho.

Rohan Ali Effendy, salah seorang Paskibraka mengatakan, di tengah pandemik COVID-19 upacara peringatan detik-detik proklamasi tetap dapat berlangsung. Namun, suasananya tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk pelaksanaannya, petugas paskibraka dibagi di beberapa titik. Ada yang 17, 8, dan 45 orang," ujar siswa SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Madiun itu.

Baca Juga: Seperti Kemerdekaan, 6 Peristiwa Sains Ini Terjadi pada 17 Agustus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya