Nataru, Pengamanan di Rest Area Jalan Tol Wilayah Madiun Diperketat 

Antisipasi pencurian dan tindak kriminal lain

Madiun, IDN Times - Polres Madiun terlibat dalam peningkatan pengamanan di jalan tol ruas Ngawi - Kertosono selama arus mudik dan balik libur Natal maupun Tahun Baru 2020. Salah satu tujuannyamengantisipasi pencurian di rest area KM 626 A wilayah Kecamatan Saradan agar tidak terulang.

Pencurian yang terekam oleh CCTV atau kamera pengintai itu terjadi pada Kamis dini hari pekan lalu. Seorang pria diketahui mengembat tas dari dalam mobil yang tengah parkir. Kemudian kabur dengan naik mobil lain. Hingga kini, pelaku tindak kriminal itu masih diburu polisi.

"Di jalur tol kami menempatkan personel untuk melakukan patroli terutama di rest area pasca kejadian (pencurian) kemarin," kata Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono di sela peninjauan gereja dan pos pengamanan di Taman Kota Caruban, Selasa (24/12).

1. Pos pantau didirikan di gerbang tol Madiun dan Caruban

Nataru, Pengamanan di Rest Area Jalan Tol Wilayah Madiun Diperketat Sebuah truk melintas di jalan tol ruas Ngawi - Kertosono. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Upaya lain untuk meningkatkan pengamanan, ia melanjutkan, dengan mendirikan pos pantau didirikan di Gerbang Tol Madiun dan Gerbang Tol Caruban. Personel di dua pos itu bertugas mengatur arus lalu lintas yang dinilai rawan terjadi kemacetan di persimpangan antara jalur arteri dengan pintu masuk maupun keluar tol.

Berdasarkan pengalaman pada arus mudik dan balik Lebaran lalu, kemacetan terjadi di Gerbang Tol Madiun. Bahkan, pihak PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) selaku pengelola jalan tol ruas Ngawi - Kertosono memprediksi kejadian serupa terjadi di lokasi tersebut.

"Karena arus lalu lintas di jalur arteri terpantau mengalami peningkatan karena bertepatan musim liburan," Ruruh menjelaskan.

2. Persimpangan jalur arteri dengan pintu masuk lokasi wisata juga menjadi perhatian

Nataru, Pengamanan di Rest Area Jalan Tol Wilayah Madiun Diperketat Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalur arteri, pihak Polres juga mendirikan sejumlah pos pengamanan. Adapun titiknya di lokasi yang dinilai rawan terjadi penumpukan kendaraan bermotor dan kecelakaan. Salah satunya di pertigaan pintu masuk ke lokasi wisata Waduk Bening Widas di Saradan.

Selain itu, di depan pintu masuk Madiun Umbul Square di wilayah Kecamatan Dolopo. Juga di Taman Kota Caruban yang menjadi salah satu tujuan warga untuk berlibur lantaran terdapat fasilitas permainan anak.

3. Pengecekan gereja sempat dilakukan

Nataru, Pengamanan di Rest Area Jalan Tol Wilayah Madiun Diperketat Personel kepolisian sedang melakukan sterilisasi di Gereja Katolik Santa Maria, Caruban, Kabupaten Madiun, Selasa (24/12).IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sedangkan upaya untuk memberikan rasa aman bagi warga yang merayakan Natal, Ruruh menjelaskan, sejumlah personel disiagakan di setiap gereja. Mereka membantu pengamanan ketika ibadah sedang berlangsung. 

Sebelum ibadah perayaan Natal berlangsung, Kapolres Madiun, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, dan Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto melakukan inspeksi kesiapan perayaan Natal di Gereja Katolik Santa Maria, Mejayan. 

Baca Juga: Buru Pencuri di Rest Area Jalan Tol, Polisi Madiun bentuk Dua Tim 

4. Pemkab Madiun tidak gelar pesta kembang api

Nataru, Pengamanan di Rest Area Jalan Tol Wilayah Madiun Diperketat Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Bupati Madiun Ahmad Dawami berharap agar perayaan Natal dapat berjalan aman dan nyaman. Untuk itu sikap toleransi harus senantiasa dipupuk setiap saat di tengah kehidupan bermasyarakat. "Rasa aman dan nyaman adalah hak setiap warga," ujar Kaji Mbing, sapaan akrab Ahmad Dawami. 

Sedangkan saat pergantian malam Tahun Baru 2020, ia meminta warga tidak larut dalam euforia. Sebab, masih banyak hal dan tantangan yang harus dihadapi di tahun depan. Oleh karena itu, Pemkab Madiun sengaja tidak mengadakan pesta kembang api di Alun-Alun Caruban saat pergantian tahun. 

Baca Juga: Nataru, BBPJN Dirikan 26 Posko Rawan Banjir dan Longsor di Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya