Comscore Tracker

Layani Warga Isoman, Pemkot Madiun Buka Dapur Umum RT 

Melibatkan PKL di masing-masing RT

Madiun, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun tengah menggodok rencana pelaksanaan dapur umum bagi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena kasus COVID-19. Standar operasional prosedur disiapkan termasuk penggunaan bantuan bahan makanan dan pelibatan pedagang kaki lima (PKL) sebagai pengolahnya.

Teknis distribusi ke masing - masing rumah mulai direncanakan. Juga, pelayanan bagi warga yang tidak menjalani isoman tetapi membutuhkan bantuan lantaran terdampak pandemik COVID-19. Selain tentang pemenuhan makanan juga pemberian vitamin dan masker.

1. Melibatkan PKL di setiap dapur umum

Layani Warga Isoman, Pemkot Madiun Buka Dapur Umum RT Seorang pedagang makanan sati laut di Kota Palu menyiapkan pesanan makanan untuk pelanggan/IDN Times/Kristina Natalia

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan persiapan operasional dapur umum diperkirakan membutuhkan waktu selama tiga hari. Salah satu tahap yang akan dilakukan adalah berkoordinasi dengan 1.025 ketua rukun tetangga (RT) di wilayah tiga kecamatan, yakni Kartoharjo, Manguharjo, dan Taman.

Sebab, menurut dia, dapur umum akan dibuka di masing - masing RT. Nantinya, seorang PKL akan ditugaskan di sana. "Kami memberdayakan PKL yang sudah ada. Mereka biasa menjual dan tentunya bisa langsung jalan karena warga sudah menunggu," ujar Maidi, Selasa (20/7/2021).

Baca Juga: BOR Lebih dari 82 Persen, Pemkot Madiun Buka 2 Tempat Isolasi Baru

2. Ahli gizi juga diterjunkan

Layani Warga Isoman, Pemkot Madiun Buka Dapur Umum RT Ilustrasi bahan masakan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain itu, pihak Pemkot juga melibatkan ahli gizi dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) setempat. Dengan demikian kebutuhan gizi untuk meningkatkan daya imun bagi warga terutama yang sedang isoman terpenuhi.

"Makanan apa yang dimasak, akan selalu dikoordinasikan dengan ahli gizi Dinkes," ujar mantan Sekda Kota Madiun ini.

3. Juga menyelesaikan distribusi bantuan beras

Layani Warga Isoman, Pemkot Madiun Buka Dapur Umum RT Wali Kota Madiun Maidi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Forkopimda melaksanakan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Besar Madiun, Kamis (6/5/2021). (Dok. Pemkot Madiun)

Langkah lain yang disiapkan dengan menyelesaikan distribusi 139 ton beras PPKM bantuan dari Kementerian Sosial. Proses pengiriman itu dengan mengerahkan 17 truk pengangkut. Adapun batas waktu kegiatan ini ditargetkan pada Rabu (21/7/2021) besok.

"Saya menjamin kebutuhan makanan aman. Tidak ada kesulitan, jangan khawatir," Maidi menegaskan.

Baca Juga: Pemkot Madiun Jaring Tim Pemulasaraan Jenazah Pasien COVID-19

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya