Berikan PIN ke Teman, Warga Bangkalan Kehilangan Uang Rp15 juta

Jangan terlalu percaya ya

Bangkalan, IDN Times - Benar kata Bang Napi, sosok parodi dalam siaran berita itu mengatakan kejahatan terjadi tidak hanya karena ada niat tapi juga karena ada kesempatan. HMK (62) warga Kelurahan Kemayoran, Kabupaten Bangkalan, kehilangan uang Rp 15 juta dari rekeningnya karena terlalu percaya pada NSR, sang rekan asal Cirebon.

1. Minta agar NSR mengambilkan uang

Berikan PIN ke Teman, Warga Bangkalan Kehilangan Uang Rp15 jutaIDN Times/Uni Lubis

Mungkin karena sudah kenal akrab dengan NSR, HMK yang tengah butuh uang namun tak sempat mengambil sendiri ke ATM, meminta tolong ke pria itu. Kartu ATM Bank BTN berikut nomor PIN ia serahkan ke NSR. Tak lama, NSR datang dengan uang tunai Rp1 juta yang dibutuhkan HMK.

Penarikan uang yang terjadi 7 Mei 2019 itu, tak membuat korban curiga meski sebenarnya NSR menarik lebih dari pesanan. Dalam notifikasi SMS Banking, saat itu NSR menarik sekitar Rp4 juta.

2. Terekam CCTV bank

Berikan PIN ke Teman, Warga Bangkalan Kehilangan Uang Rp15 jutapexels @pixabay

HMK baru sadar pada 8 Juni lalu, ketika akan mengambil uang. Kartu ATMnya telah raib. Maka, dia pun mendatangi Bank BTN untuk melapor dan melihat CCTV. Tampaklah NSR dalam rekaman bolak-balik mengambil uang di ATM. Berdasarkan data transaksi tabungan, HMK berkurang Rp15 juta. Dia pun melapor kasus ini ke Polres Bangkalan.

3. Ditangkap di rumah korban

Berikan PIN ke Teman, Warga Bangkalan Kehilangan Uang Rp15 jutaIDN Times/Sukma Sakti

Menurut Kasubag Humas Polres Bangkalan, AKP Suyitno, dengan wajah tak berdosa, NSR main ke rumah HMK dengan bersepeda seperti biasa, Kamis (25/7). dia tidak sadar telah dilaporkan ke polisi. Melihat NSR datang, HMK menghubungi polisi yang langsung datang dan menangkap NSR.

"Tersangka kini masih diperiksa oleh penyidik," kata dia, Jumat (26/7).

Baca Juga: Kasus Pembobolan ATM, Berkas Perkara Ramyadjie Diteliti Kejati Jakarta

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya