Polisi Surabaya Imbau Perguruan Silat Tidak Latihan Malam Hari

Untuk cegah hal-hal yang tidak-tidak

Surabaya, IDN Times - Kapolsek Gunung Anyar Surabaya, Kompol Roni Ismullah mengimbau kepada anggota perguruan silat untuk tidak melakukan latihan di malam hari. Hal tersebut untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti gesekan dengan pihak lain. 

Roni mengatakan, latihan malam hari dikhawatirkan menimbulkan kerawanan saat anggota silat pulang ke rumah. Apalagi, anggota silat pulang dengan mengenakan seragam. 

"Maksudnya terkait latihan malam itu, yang menimbulkan kerawanan pulangnya apabila dia pakai pakaian pesilat, terus pulang, tahu-tahu  ada orang yang gak bertanggung jawab sehingga tidak termonitor oleh kami," ujarnya, Sabtu (12/8/2023). 

Ia pun menyarankan para anggota perguruan silat untuk melakukan latihan di siang hingga sore hari. Dengan begitu, kerawanan-kerawanan yang timbul di antara pesilat pun dapat dicegah, sebab saat siang masih banyak masyarakat yang beraktivitas. 

"Kalau siang hari kan pasti mengetahui wajahnya, bisa mudah untuk terdeteksi kalau siang. Kan masih banyak masyarakat beraktivitas," katanya. 

Imbauan tersebut telah diberikan oleh pengurus silat tingkat ranting perguruan silat di wilayah Gunung Anyar. Polsek di seluruh Surabaya juga telah mendapat imbauan ini. 

"Kami mengimbau di wilayah Gunung Anyar, tapi pada umumnya seluruh wilayah Surabaya itu sudah diimbau semua para Kapolsek, untuk tidak melakukan latihan malam pesilat," terangnya. 

Roni berharap, seluruh anggota perguruan silat bisa menaati aturan yang ada. Kegiatan silat dilakukan semata-mata untuk olah raga, bulan hal lain.

"Yang tidak boleh harap diketahui terkait adanya konvoi, ikut ramai-ramai atau melanggar aturan, lebih-lebih melanggar pidana. Pada intinya buat Surabaya ini kondusif, hidup rukun damai," harapnya. 

Di Gunung Anyar sendiri ada beberapa perguruan silat yang rutin latihan setiap siang hingga sore. Mereka latihan di dekat kantor Kecamatan Gunung Anyar dan dekat pula dengan Mapolsek Gunung Anyar. 

"Di sini ada Pagar Nusa, IKS, PSHT, siang hari latihan, kadang gabungan. Tempat latihan di dekat kantor kecamatan, (dekat Polsek). Iya jadi kita bisa memantau," pungkas dia. 

Baca Juga: Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Segera Ditertibkan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya