Comscore Tracker

Diduga Keracunan Gas Amonia, Warga Tuban Alami Pusing dan Mual

Ikan yang berada di Sungai Bektiharjo juga ikut mati

Tuban, IDN Times - Warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengalami pusing dan mual. Diduga kuat mereka mengalami keracunan usai menghirup udara bercampur gas amonia yang keluar dari dalam pabrik es batu yang bocor.

"Awalnya warga melihat ada kepulan asap putih setelah mereka menghirup udara tersebut kok merasa pusing," kata Untung salah satu warga setempat kepada IDN Times, Minggu (18/7/2021).

1. Warga mengira asap yang keluar dari pabrik adalah asap dari pembakaran sampah

Diduga Keracunan Gas Amonia, Warga Tuban Alami Pusing dan MualLokasi pabrik es batu didatangi warga dan juga petugas. IDN Times/Istimewa

Untung menjelaskan, awalnya warga mengira bahwa asap putih tersebut adalah asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah plastik. Warga baru mengetahui bahwa asap tersebut adalah gas amonia ketika banyak petugas dan warga yang datang ke lokasi Sungai Bektiharjo lokasi awal gas amonia itu muncul.

"Lokasi pabrik es batu sangat berdekatan dengan pemukiman padat penduduk dan jelas tercium sekali bau asapnya," jelas Untung.

Baca Juga: Sehari, Dua Perawat di Lamongan Meninggal Terpapar COVID-19

2. Ikan yang berada di Sungai Bektiharjo juga ikut mati

Diduga Keracunan Gas Amonia, Warga Tuban Alami Pusing dan MualBanyak ikan yang mati karena terkontaminasi limbah pabrik es batu. Dok Istimewa

Selain mengakibatkan warga keracunan, gas amonia yang bocor tersebut juga menyebabkan sejumlah ikan di aliran Sungai Bektiharjo juga mati mendadak. Warga yang melihat fenomena ikan mati tersebut kemudian berusaha mengambil dan mengolahnya menjadi lauk pauk.

"Ikannya banyakIkan yang berada di Sungai Bektiharjo juga ikut mati yang mati dan warga disini tidak takut mengkonsumsi ikan yang mati di Sungai Bektiharjo untuk dijadikan lauk pauk," kaitannya.

3. Warga berharap kasus kebocoran gas amonia segera ditangani

Diduga Keracunan Gas Amonia, Warga Tuban Alami Pusing dan MualLokasi pabrik es batu didatangi warga dan juga petugas. IDN Times/Istimewa

Untung menjelaskan sejak terjadinya ikan mati dan warga setempat mengalami mual dan pusing, sejumlah aparat keamanan telah mendatangi lokasi kejadian. Pihaknya dan juga warga Desa Bektiharjo sendiri berharap agar kasus ini segera terselesaikan dan warga yang terdampak bisa diberikan kompensasi dari perusahaan.

"Ya harapan kami cepat diselesaikan mas kasihan kami warga sini terdampak bocornya gas amonia ini dan aparat kepolisian harus bertindak," harapnya.

Baca Juga: Air Sungai di Bojonegoro Menghitam, Warga Ketakutan

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya