Sepi Pendaftar, SDN Ngimbang Tuban Hanya Terima Satu Murid

Satu-satunya siswa tersebut merupakan anak guru

Tuban, IDN Times - Sekolah Dasar (SD) Negeri Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban hanya memperoleh satu siswa di tahun ajaran baru 2022/2023. Kepala Sekolah SD Negeri Ngimbang, Prasetyanto saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Menurut dia, sejak dibukanya penerimaan peserta didik baru hingga hari pertama masuk sekolah, hanya satu anak yang daftar.

1. Jarak yang jauh dari permukiman menjadi pemicu sepinya pendaftar

Sepi Pendaftar, SDN Ngimbang Tuban Hanya Terima Satu MuridMurid Sekolah Dasar Negeri Ngimbang, Tuban saat menggelar kegiatan belajar mengajar. Dok Istimewa

Prasetyanto menyebut, sepinya siswa yang mendaftar di sekolah yang ia pimpin tersebut disebabkan lokasi sekolah dengan permukiman warga jaraknya cukup jauh. Dari jalan utama Pantura Deandels Palang, sekolah ini berjarak sekitar 7 kilometer. Hal ini pun membuat banyak orangtua lebih memilih lembaga sekolah swasta yang jaraknya lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

"Dari hari pendaftaran sampai dimulainya proses belajar mengajar, kami hanya mendapatkan satu siswa saja," kata Prasetyanto, Selasa (19/7/2022).

2. Satu siswa yang mendaftar di SDN Ngimbang merupakan anak seorang guru

Sepi Pendaftar, SDN Ngimbang Tuban Hanya Terima Satu MuridMurid Sekolah Dasar Negeri Ngimbang, Tuban saat menggelar kegiatan belajar mengajar. Dok Istimewa

Satu siswa yang mendaftar ke sekolahnya, , lanjut Prasetyanto, diketahui merupakan anak seorang guru yang juga mengajar di sekolahnya. Saat ini jumlah seluruh siswa SD Negeri Ngimbang hanya memiliki 17 siswa mulai dari kelas satu sampai hingga kelas enam.

"Satu murid ini kebetulan anak guru juga yang mengajar di sekolah kami dan faktor sepinya pendaftar yang sekolah di tempat kami karena memang jauh lokasinya dari pemukiman warga," jelasnya.

Baca Juga: Viral Warga Tuban Berlari Dikejar Sapi Kurban yang Ngamuk

3. Sepinya pendaftar di SDN Ngimbang Tuban sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir

Sepi Pendaftar, SDN Ngimbang Tuban Hanya Terima Satu MuridIDN Times/Arief Rahmat

Prasetyanto mengaku, kekurangan siswa SD Negeri Ngimbang ini sudah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Namun, pada ajaran tahun kali ini yang lebih parah. Meski begitu, guru dan murid di sekolah tersebut masih melakukan pembelajaran seperti biasanya.

"Sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir ini mas, tapi tahun ajaran baru 2022/2023 ini yang lebih parah kita hanya mendapatkan satu siswa saja," pungkas Prasetyanto.

Baca Juga: Video 2 Pria Mabuk di Tuban Aniaya Pengendara Motor Viral di Medsos

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya