Profil Yuhronur Efendi, Birokrat Tulen yang Jadi Bupati Lamongan

Ia nyaris tidak pernah berkecimpung di dunia politik

Lamongan, IDN Times - Menjadi kepala daerah memang tak harus berlatar politik. Banyak juga birokrat yang kemudian menapaki jejak sebagai orang nomor satu di sebuah daerah. Salah satunya adalah Bupati Lamongan, Dr. Yuhronur Efendi, MBA. Pria kelahiran Lamongan, 12 Januari 1968 ini merupakan birokrat tulen yang berhasil memenangi Pilkda Lamongan tahun 2020.  

Lalu siapakah sebenarnya sosok Yuhronur? Berikut adalah profil singkatnya.

1. Birokrat yang memiliki gelar doktor

Profil Yuhronur Efendi, Birokrat Tulen yang Jadi Bupati LamonganBupati Lamongan Yuhronur Efendi. IDN Times/Imron

Yuhronur memulai pendidikannya di SDN Karanggeneng II Lamongan. Setelahnya ia melanjutkan di SMP V Karanggeneng. Saat sekolah menengah atas, ia pindah ke Tuban dan bersekolah di SMA Negeri 1 Tuban.

Yuhronur memiliki semangat dalam menimba ilmu. Dapat dilihat dari gelar yang ia dapat di perguruan tinggi. Ia berhasil mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas WR. Supratman pada tahun 1998. Tiga tahun kemudian, ia mendapatkan gelar Magister Manajemen di Universitas Islam Kadiri. Tidak hanya behenti di situ, ia juga melanjutkan pendidikan strata dua-nya (S2) di Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan gelar Master Business Administration pada tahun 2010. Gelar Doktor juga berhasil ia sematkan di depan namanya. Gelar tersebut didapat dari Universitas Brawijaya Malang lima tahun setelahnya.

2. Aktif sebagai abdi negara sejak tahun 1986

Profil Yuhronur Efendi, Birokrat Tulen yang Jadi Bupati LamonganYuhronur Efendi saat berpamitan kepada pegawai Pemkab Lamongan. IDN Times/Imron

Pada tahun 1986, Yuhronur telah aktif menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tepatnya diberi amanah sebagai Sekretaris Kabinet (Sekkab) Lamongan. Ia juga menjadi CEO Persela Lamongan, sebuah klub sepak bola profesional dari Lamongan.

Karena merupakan lulusan ekonomi, ia banyak berkarir di bidang tersebut. Ia pernah menjadi Kasubag verifikasi BKBD Lamongan pada tahun 1999, Kepala Bidang Anggaran Kabupaten Lamongan pada tahun 2004, Sekretaris Daerah lamongan pada tahun 2012, dan juga Direktur BPR Bank Daerah Lamongan.

Selain itu, pria berumur 53 tahun ini juga menjadi dosen di Universitas Islam Lamongan. Manajemen adalah program studi yang diampu olehnya.

Baca Juga: Dilantik, Yuhronur Ingin Tangani COVID-19 di Lamongan Dulu

3. Mundur dari jabatan Sekkab untuk maju Pilkada 2020

Profil Yuhronur Efendi, Birokrat Tulen yang Jadi Bupati LamonganYuhronur Efendi saat berpamitan dengan Bupati Lamongan Fadeli. IDN Times/Imron

Tahun 2020, Yuhronur pamit dari jabatan Sekkabnya untuk mengikuti Pilkada serentak 2020. Bersama dengan KH Abdul Rouf, ia berhasil mengungguli paslon lawan dengan perolehan suara sebanyak 42,1 persen. Pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat, Golkar, Perindo, Gerindra, Hanura, PAN dan PPP ini berhasil menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan periode 2021-2024.

Penulis Magang: Jovanka Okta

Baca Juga: Mantan Bupati Lamongan Meninggal Dunia,Yuhronur Sebut karena  COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya