Surabaya Masih Ramai, Tiga Jalan Ini Ditutup Lebih Awal!

Mulai ditutup pukul 18.00 WIB, loh

Surabaya, IDN Times - Penutupan tiga ruas jalan utama yang ada di Kota Surabaya kembali diperpanjang. Jika sebelumnya tiga jalan ini ditutup sejak pukl 20.00 WIB, kini jam penutupan jalan diajukan menjadi pukul 18.00 WIB. Hal ini bertujuan untuk menekan laju mobilitas masyarakat di Surabaya.

1. Jalanan di Surabaya masih ramai meski telah ada pembatasan

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan bahwa, berdasarkan hasil evaluasi penutupan jalan untuk PPKM Darurat, ternyata kepadatan lalu lintas di Kota Surabaya masih tinggi. Padahal, tiga jalan utama yaitu Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, dan Jalan Pemuda sudah ditutup sejak pukul 20.00 WIB.

"Padahal itu akhir pekan tapi kok masih ramai? Kan seharusnya warga tetap di rumah, stay at home. Tapi ini jalanan masih ramai," ujar Teddy saat dihubungi IDN Times, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Viral Pengendara Ngomel Ditolak Masuk Surabaya, Polisi: Sudah Sesuai!

2. Padahal pusat keramaian ditutup dan kantor WFH

Surabaya Masih Ramai, Tiga Jalan Ini Ditutup Lebih Awal!Suasa Pakuwon Mall Surabaya sebelum ditutup akibat PPKM Darurat, Jumat (2/7/2021). IDN Times/Fitria Madia.

Selain itu, pusat-pusat keramaian di Kota Surabaya seperti mal dan taman sudah ditutup. Tempat makan dan tempat nongkrong juga hanya diperbolehkan melayani take away. Teddy merasa pembatasan gerak bagi masyarakat agar tetap berada di rumah harus lebih ketat.

"Perkantoran yang nonesensial kan juga harus WFH 100 persen. Cuma sebagian sektor yang boleh WFO. Ini seharusnya orang-orang WFH di rumah saja, bukan malah keluyuran," ungkap Teddy.

3. Bisa jadi jam penutupan dan jumlah jalan yang ditutup bertambah

Surabaya Masih Ramai, Tiga Jalan Ini Ditutup Lebih Awal!Bundaran Waru-Jalan Frontage Road Ahmad Yani arah Kota Surabaya. IDN Times/Zumrotul Abidin

Oleh karena itu, penutupan tiga jalan tersebut diperlama yaitu mulai pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB atau selama 11 jam. Teddy tak menutup kemungkinan jika masyarakat masih ramai berlalu lalang maka durasi penutupan atau jalan yang ditutup akan bertambah.

"Saya berpesan, ini demi kepentingan bersama. Yang kerja sudah WFH tolong di rumah saja. Ditahan dulu kumpul-kumpulnya. Mari kita bersama-sama menuntaskan pandemik COVID-19 ini," pungkas Teddy.

Baca Juga: PPKM Darurat: Petinggi Polri Pantau Pelaksanaan di Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya