Rencana Pembukaan Taman di Surabaya Hari Minggu Ini Batal

Padahal sudah siap-siap

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya sebenarnya sudah berencana membuka taman-taman sebagai sarana rekreasi masyarakat mulai pekan ini. Apalagi, menurut asesmen Kementerian Kesehatan, Kota Surabaya sudah tergolong dalam level 2 zonasi COVID-19. Sayangnya, rencana ini harus tertunda.

1. Rencananya taman mulai uji coba dibuka di Hari Minggu ini

Rencana Pembukaan Taman di Surabaya Hari Minggu Ini BatalTaman Suroboyo, Dok. Humas Pemkot Surabaya

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Anna Fajriatin mengatakan, pihaknya sudah sempat merencanakan uji coba pembukaan taman-taman pada Minggu (12/9/2021). Rencana ini seiring pengumuman Kota Surabaya yang masuk dalam level 2 berdasarkan Kemenkes RI.

"Kita kemarin sudah rapat. Rencananya trial dimulai Minggu ini," ujar Anna saat dihubungi IDN Times, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: Meski Kondisi COVID-19 Membaik, Surabaya Tak Jadi Masuk PPKM Level 2

2. Delapan taman dipersiapkan untuk uji coba

Rencana Pembukaan Taman di Surabaya Hari Minggu Ini BatalPinterest

Rencananya, uji pengoperasian taman ini diberlakukan di delapan taman yang sempat dibuka pada April 2021 lalu. Delapan taman tersebut adalah Taman Pelangi, Taman Harmoni, Taman Kebun Bibit Wonorejo, Taman PUPR, Taman Sejarah, Taman Prestasi, Taman Flora Bratang, dan Taman Cahaya.

"Kalau trial-nya berhasil, taman-taman lain akan dibuka secara bertahap. Sayang sekai ada ratusan taman yang sudah setahun tidak dibuka," tutur Anna.

3. Petugas akan ekstra mengawasi pengunjung taman

Rencana Pembukaan Taman di Surabaya Hari Minggu Ini Batal@awaan__ / Instagram

Untuk mempersiapkan uji coba ini, pihaknya sudah melakukan pengecekan ulang terhadap sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan di setiap taman. Selain itu, pihaknya akan menambah petugas di taman untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan oleh para pengunjung. Personel DKRTH dan Linmas akan diterjunkan jika taman dibuka.

"Salah satu yang harus diwaspadai itu kerumunan. Seringnya kerumunan itu bukan di dalam tamannya karena kita sudah ada pembatasan kapasitas. Tapi di luar taman. Jadi kita akan terjunkan personel tambahan dari bidang lain," ungkapnya.

4. Uji coba harus ditunda untuk menunggu level 2

Rencana Pembukaan Taman di Surabaya Hari Minggu Ini BatalTaman Harmony. Dok. Istimewa

Namun, berbagai rencana itu harus tertunda. Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 39 tahun 2021 menyatakan bahwa Kota Surabaya masih harus menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang berarti area publik termasuk taman belum boleh dibuka.

"Gak apa-apa, proses asesmen tetap kita lakukan sebelum buka. Kalau dari ketua gugus tugas belum diperbolehkan, kami tidak akan buka karena proses itu haruss kami patuh," tutup Anna. 

Baca Juga: Surabaya Masih PPKM Level 3, KBS Tunggu Izin Beroperasi Kembali

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya