Lebaran, Pantai Gemah Tulungagung Diserbu Wisatawan

Didominasi wisatawan luar kota

Tulungagung, IDN Times - Pantai Gemah di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, mulai ramai dikunjungi wisatawan di masa musim libur lebaran ini. Mereka yang berkunjung ke pantai ini didominasi wisatawan luar kota, yang sedang mudik dan ingin mengisi libur bersama keluarga.

Meskipun begitu, jumlah wisatawan ini belum mencapai puncaknya. Diperkirakan puncak berkunjung wisatawan akan terjadi pada H+5 dan H+6 lebaran.

1. Akses jalan menuju pantai terpantau lengang

Lebaran, Pantai Gemah Tulungagung Diserbu WisatawanPengunjung Pantai Gemah saat menaiki ATV. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kapolsek Besuki, AKP Sumaji menerangkan kondisi wisatawan saat ini masih landai. Lokasi parkir yang disediakan oleh pengelola masih sangat cukup untuk menampung kendaraan wisatawan. Pantai Gemah mampu menampung hingga 3000 pengunjung.

"Akses jalan ke Pantai Gemah terpantau masih lengang meski musim libur lebaran, mayoritas pemudik masih bersilaturahim ke sanak saudara," ujarnya, Selasa (03/05/2022).

2. Gelombang tinggi, imbau wisatawan tak bermain air

Lebaran, Pantai Gemah Tulungagung Diserbu WisatawanPengunjung Pantai Gemah saat menaiki wahana Flyng Fox. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kondisi gelombang di pantai ini sendiri terpantau cukup tinggi. Petugas melalui pengeras suara mengimbau kepada pengunjung untuk tidak berenang atau bermain air. Terdapat sejumlah wahana alternatif selain bermain air di pantai ini seperti mengendarai ATV atau Flying Fox.

"Petugas kami siapkan untuk terus memantau pengunjung karena kondisi gelombang saat ini cukup tinggi," tuturnya.

3. Tutup arus lalin jika terjadi kepadatan pengunjung

Lebaran, Pantai Gemah Tulungagung Diserbu WisatawanPengunjung pantai gemah di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Puncak kunjungan wisatawan di Pantai Gemah diperkirakan akan terjadi pada H+5 dan H+6 lebaran. Petugas sudah mengantisipasi kedatangan wisatawan ini dengan mengatur arus lalu lintas menuju pantai. Jika lokasi parkir telah penuh dan terjadi kepadatan arus lalu lintas, petugas akan menutup akses jalur menuju pantai ini.

"Petugas di pos pengamanan juga selalu kita siapkan untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan pengunjung," pungkasnya.

Baca Juga: Belasan Penari Perempuan di Tulungagung Menari Selama Empat Jam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya