Comscore Tracker

Diduga Makan Umbi Beracun, Seorang Warga di Tulungagung Tewas

Dua orang lain selamat

Tulungagung, IDN Times - Seorang warga Desa Sidem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, tewas setelah mengkonsumsi umbi-umbian yang diduga mengandung racun. Korban diketahui bernama Bejo (78). Dari hasil olah tempat kejadian perkara, polisi menemukan dua jenis umbi-umbian yang diduga dikonsumsi korban, yakni Gembili dan Gadung. Tanaman umbi-umbian jenis Gadung memang terkenal mengandung racun dan bisa menyebabkan kematian jika tak diolah dengan benar.

1. Diduga salah mengambil umbi

Diduga Makan Umbi Beracun, Seorang Warga di Tulungagung TewasSisa umbi gembili dan gadung yang dimakan korban. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kapolsek Gondang, AKP Suwancono menerangkan kejadian ini bermula saat korban mencari umbi-umbian di kebun sekitar rumahnya. Biasanya, umbi-umbian yang diambil jenis Gembili. Namun korban diduga salah mengambil umbi jenis Gadung yang sekilas mempunyai ciri-ciri yang sama.

Umbi tersebut kemudian dimasak oleh anaknya dengan cara dikukus. "Jarak umbi gembili dan gadung berdekatan, ciri-cirinya hampir sama sehingga dugaan sementara korban salah mengambil umbi-umbian tersebut," ujarnya, Kamis (10/6/2021).

2. Dimakan bersama istri dan tetangga

Diduga Makan Umbi Beracun, Seorang Warga di Tulungagung TewasTanaman umbi gembili dan gadung yang berdekatan. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Setelah dikukus, umbi tersebut kemudian dimakan oleh korban bersama menantu dan tetangganya. Setelah dimakan, mereka bertiga sempat merasa mual dan pusing. dan tetangga korban sempat muntah.

Namun korban tidak muntah dan langsung meninggal dunia. Sedangkan menantu dan tetangga yang ikut makan umbi tersebut langsung dilarikan ke Puskemas terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

"Dua orang lain yang ikut makan umbi tersebut saat ini kondisinya sudah membaik dan sudah pulang ke rumah," imbuhnya.

Baca Juga: Keracunan Bantuan Mie Ayam, 44 Pengungsi Longsor Nganjuk Dirawat

3. Umbi akan dikirim ke laboratorium

Diduga Makan Umbi Beracun, Seorang Warga di Tulungagung TewasUmbi gadung yang dimakan oleh korban. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Polisi yang mendatangi rumah korban menemukan sisa umbi yang dikonsumsi. Umbi Gadung sendiri harus dimasak khusus untuk menghilangkan racunnya. Biasanya umbi gadung direndam menggunakan abu terlebih dahulu, agar racun di dalamnya hilang.

"Tidak ada tanda bekas kekerasan, untuk umbi gadung akan kami kirimkan ke laboratorium untuk di uji kandungannya," pungkasnya.

Baca Juga: Diduga Keracunan Kotoran Kelelawar, Dua Warga Bojonegoro Pingsan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya