Melihat Tadarus Online yang Dilakukan Tuna Netra di Tulungagung

Rutin digelar setiap Ramadhan

Tulungagung,IDN Times - Memiliki keterbatasan fisik tak menghalangi semangat sejumlah anggota Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Tulungagung, untuk meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadan. Mereka menggelar tadarus online setiap hari. Dengan menggunakan Al-Quran braille, secara bergantian mereka mengaji.

1. Gunakan aplikasi zoom dan google meet

Melihat Tadarus Online yang Dilakukan Tuna Netra di TulungagungImam Fachruzi saat mengikuti tadarus online. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Anggota Pertuni Tulungagung, Imam Fachruzi mengatakan, kegiatan ini rutin digelar saat bulan Ramadan. Sejak 5 tahun terakhir, Imam menginisiasi tadarus online ini. Dengan menggunakan Zoom Meeting atau Google Meet, mereka saling menyimak dan mengaji. "Menggunakan Al-Quran Braille, kami mengaji secara bergantian, alhamdulillah sudah khatam 1 kali," ujarnya, Jumat (29/03/2024).

Baca Juga: Bawaslu Tulungagung Beri Sanksi Dua Anggota Panwascam

2. Tadarus dilakukan setiap pagi mulai jam 05.00 WIB

Melihat Tadarus Online yang Dilakukan Tuna Netra di TulungagungAl Quran Braille yang digunakan Imam Fachruzi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kegiatan tadarus online ini digelar setiap pagi hari usai salat subuh. Terdapat belasan anggota Pertuni yang rutin mengikuti tadarus online. Selain itu terdapat juga anggota Pertuni dari luar daerah. "Jumlah peserta setiap hari tidak pasti, rata-rata belasan yang ikut tadarus online setiap pagi mulai jam 5 sampai 8," tuturnya.

3. Juga mengajari anggota lain yang belum bisa membaca Al Quran Braille

Melihat Tadarus Online yang Dilakukan Tuna Netra di TulungagungImam Fachruzi saat mengikuti tadarus online. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Tak hanya untuk mendapatkan berkah Ramadhan, kegiatan ini juga merupakan sosialisasi kepada anggota Pertuni untuk bersama-sama belajar Al-Quran. Jumlah anggota Pertuni yang bisa membaca Al Quran Braille sangat sedikit. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa membantu anggota lain yang ingin belajar. "Saat ini yang bisa kita lakukan secara offline karena beberapa kendala, tapi nanti kita juga agendaka untuk bertemu langsung dan tadarus," pungkasnya.

Baca Juga: Pesanan Kaligrafi di Tulungagung Meningkat saat Ramadan

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya