Pilkada Tulungagung Bakal Habiskan Duit Rp53,4 Miliar

KPU telah menandatangani berita acara

Tulungagung, IDN Times - Setelah melalui sejumlah proses, anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung dalam Pilkada serentak 2024 telah disetujui. Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) telah menandatangani Berita Acara Kesepakatan Bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah tentang kebutuhan anggaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung. Dari Rp62,8 miliar yang diajukan, KPUD mendapatkan anggaran sebesar Rp53,4 miliar.

1. Bulan Februari lalu KPU mengajukan Rp62,8 miliar

Pilkada Tulungagung Bakal Habiskan Duit Rp53,4 MiliarProses pemeriksaan berkas Bacaleg di KPU Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ketua KPUD Tulungagung, Susanah mengatakan pada bulan Februari lalu mereka mengajukan besaran anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sebesar Rp62,8 miliar. Kemudian pada bulan Juli mereka melakukan revisi karena sesuai peraturan anggaran untuk COVID-19 sudah tidak dimasukkan lagi. Dari hasil revisi ini mereka lalu mengajukan anggaran sebesar Rp57 miliar. "Karena status COVID-19 sudah dicabut akhirnya kita lakukan revisi dan mengusulkan besaran anggaran Rp57 miliar," ujarnya, Kamis (14/09/2023).

Baca Juga: MUI Tulungagung Menonktifkan Pengurus yang Terlibat Politik

2. Alami kenaikan dibanding Pilkada 2018

Pilkada Tulungagung Bakal Habiskan Duit Rp53,4 MiliarKetua KPU Tulungagung, Susanah. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Jumlah tersebut lalu direvisi lagi dan akhirnya Pemkab dan KPUD sepakat di angka Rp 53,4 miliar. Dibanding dengan pelaksanaan Pilkada 2018 lalu terdapat penambahan pada anggaran ini. Dalam Pilkada 2018 KPU menerima Rp 37,8 miliar. Namun, jumlah pemilih tahun ini bertambah dibanding 2018 lalu sehingga diperlukan biaya yang cukup besar. "Memang kalau dibanding 2018 ada tambahan tapi kondisinya saat ini tidak sama dimana jumlah pemilih kita juga bertambah," tuturnya.

3. Rp30 miliar untuk kebutuhan honor Ad Hoc

Pilkada Tulungagung Bakal Habiskan Duit Rp53,4 MiliarProses pendaftaran berkas Bacaleg di KPU Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dari anggaran yang sudah disepakati ini, sebanyak Rp30,4 miliar dialokasikan untuk memenuhi honor badan Ad Hoc. Sedangkan sisanya untuk keperluan lain. Beberapa kegiatan seperti sosialisasi dan publikasi akan dikurangi agar anggaran tersebut cukup untuk keperluan Pilkada. "Kita akan lakukan rasionalisasi juga, efeknya beberapa kegiatan seperti sosialisasi dan publikasi akan dikurangi juga," pungkasnya.

Baca Juga: Kiprah Margiono di Dunia Politik, Pernah Maju di Pilkada Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya