Comscore Tracker

Watimpres Kumpulkan Data Primer Kanjuruhan, Segera Disetor ke Jokowi

Data apa lagi nih?

Malang, IDN Times - Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) ikut turun gunung dalam pengusutan tragedi kerusuhan Kanjuruhan. Anggota Watimpres, Soekarwo pun mendatangi langsung Stadion Kanjuruhan Malang pada Kamis (6/10/2022). Sejumlah temuan yang ia dapatkan segera disampaikan ke Presiden Joko Widodo.

1. Data primer segera disetor ke Presiden

Watimpres Kumpulkan Data Primer Kanjuruhan, Segera Disetor ke JokowiAnggota Watimpres, Soekarwo saat mengumpulkan data primer di Stadion Kanjuruhan Malang, Kamis (6/10/2022). Dok. Ist.

Pakde Karwo--sapaan karibnya- mengaku telah mendapatkan beberapa data. Nah, data-data yang disebutnya sebagai data primer inilah yang nanti akan disampaikan kepada Presiden Jokowi.

"Diminta atau tidak, kami harus memberikan masukan kepada Presiden. Salah satunya, untuk data primer di lapangan seperti apa," ujarnya dalam keterangan tertulis.

2. Data primer didapat dari TKP

Watimpres Kumpulkan Data Primer Kanjuruhan, Segera Disetor ke JokowiAnggota Watimpres, Soekarwo saat mengumpulkan data primer di Stadion Kanjuruhan Malang, Kamis (6/10/2022). Dok. Ist.

Data primer yang didapatkan, kata mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) ini, dari tempat kejadian perkara (TKP). Akurasi data menurutnya sangat penting guna mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan yang saat ini menjadi perhatian dunia internasional.

"Berdasarkan pidato Presiden harus terang dan seadil-adilnya dan itu sudah dirapatkan di Wantimpres," tegas Pakde Karwo.

Baca Juga: Begini Arahan Eks Kapolres Malang Sebelum Tragedi Kanjuruhan

3. Sudah cek gate 13 dan 14 Stadion Kanjuruhan

Watimpres Kumpulkan Data Primer Kanjuruhan, Segera Disetor ke JokowiEko Prianto (paling tengah) saat menceritakan pengalamannya mendobrak pintu gate 13 untuk menyelamatkan korban, Senin (3/1/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Dalam kunjungannya ke Stadion Kanjuruhan Malang, Pakde Karwo didampingi oleh Bupati Malang Sanusi. Ia bersama Sanusi melakukan pengecekan sejumlah titik yang menjadi lokasi terjadinya tragedi tersebut, salah satunya area pintu 13 dan 14 Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Kesaksian dari Sudut-sudut Kanjuruhan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya