Waspada! Ini Titik Longsor di Jalur Mudik Jatim 

Hati-hati gess...

Surabaya, IDN Times - Jelang lebaran 2019, tentunya masyarakat akan melakukan perjalanan jauh alias mudik. Nah, apabila sedang melewati Jawa Timur (Jatim) ada sejumlah titik yang harus diwaspadai karena rawan longsor. Di mana saja titiknya? Yuk simak!!!

1. Jalur Pacet Mojokerto

Waspada! Ini Titik Longsor di Jalur Mudik Jatim unsplash.com/nicolas coolz

 

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot S Hadi menyebut, titik longsor tentunya di wilayah pegunungan. Titik yang diwaspadai ialah jalur Pacet, Mojokerto.

"Meskipun jalan sudah mulus tapi masyarakat harus ekstra hati-hati jika melewati jalan itu," ujarnya, Rabu (29/5).

Baca Juga: Menkes: JKN Bisa Digunakan di Faskes Mana pun Saat Mudik 

2. Kawasan Pacitan

Waspada! Ini Titik Longsor di Jalur Mudik Jatim Dok.IDN Times/Istimewa

 

Selain Pacet, ada juga jalur pegunungan yang acap kali terjadi longsor dan penurunan tanah. Yakni di kawasan Pacitan, yang kontur tanahnya dinilai tidak stabil.

"Di jalur tersebut memang ada ketidakstabilan tanah, dan ini rawan longsor, masyarakat juga harus waspadainya," kata Gatot.

3. Jalur Kejayan-Tosari Pasuruan

Waspada! Ini Titik Longsor di Jalur Mudik Jatim IDN Times/Sukma Shakti

 

Kemudian, jalur rawan longsor lainnya yang harus diwaspadai adalah jalur di Kejayan-Tosari di KM 99, Pasuruan. Selebihnya, di seluruh Jatim untuk jalur mudik sudah bagus.

"Kami juga mengerahkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk berjaga-jaga dan siap selama 24 jam jika ada apa-apa dengan jalur mudik ini," ucap Gatot.

4. Jalan berlubang ditangani secara reguler

Waspada! Ini Titik Longsor di Jalur Mudik Jatim pexels/SplitShire

 

Sementara khusus untuk menangani jalan berlubang, Gatot mengatakan terus menerus melakukan perbaikan secara reguler. Ia juga berharap masyarakat melapor jika menemukan jalan provinsi yang rusak dan berlubang di daerah.

"Jika terdapat lubang akan segera kita tangani, maksimal 1x24 jam lubang tersebut harus sudah tertutup. Kalau menemukan jalan rusak di daerah, segera lapor ke kami," pungkasnya.

Baca Juga: Diprediksi Naik 3 Persen, Pelindo III Beri Inovasi Pelayanan Mudik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya