Ternyata Ini Alasan Massa Geruduk Rumah Mahfud MD di Madura

Mereka mulanya menggelar demo rencana pemeriksaan Rizieq

Pamekasan, IDN Times - Kapolres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar menuturkan bahwa penggerudukan rumah ibunda Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD ditengarai oleh pernyataan Mahfud kepada pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Para simpatisannya di Pamekasan, Madura pun tidak terima.

1. Massa mulanya demo di kawasan Lancor dan audiensi di Polres

Ternyata Ini Alasan Massa Geruduk Rumah Mahfud MD di MaduraVideo yang menunjukkan rumah Menkopolhukam di Pamekasan digeruduk sekelompok orang. Dokumentasi Istimewa

Mulanya ratusan massa hanya melakukan aksi demonstrasi di kawasan Lancor, Pamekasan, Selasa (1/12/2020). Demo ini merupakan buntut dari pemanggilan Rizieq oleh Polda Metro Jaya. Sebanyak 10 perwakilan massa aksi pun diajak audiensi di Polres Pamekasan untuk menyampaikan tuntutannya.

"Sudah kita terima dan memberikan pernyataan sikap pada kita, sudah kita laporkan pada pimpinan (Kapolda Jatim)," ujar Apip.

2. Pulangnya justru mampir ke rumah ibunda Mahfud MD dan menggeruduk

Ternyata Ini Alasan Massa Geruduk Rumah Mahfud MD di MaduraVideo yang menunjukkan rumah Menkopolhukam di Pamekasan digeruduk sekelompok orang. Instagram.com/cetul22

Setelahnya, kata Apip, para massa aksi pun membubarkan diri. Namun ketika perjalanan pulang, ratusan massa yang menumpang beberapa truk ini justru berhenti di sekitaran rumah ibunda Mahfud MD. Tak menunggu waktu lama, massa langsung turun dari truk dan menggeruduk rumah tersebut.

"Dan itu tidak berlangsung lama, sekitar tidak sampai 10 menit, hanya 6 menit," kata Apip.

Baca Juga: FPI: Rizieq Shihab Tinggalkan RS Ummi Bogor Sejak Tadi Malam

3. Pastikan tidak ada tindak anarkis, sekarang dilakukan pengamanan

Ternyata Ini Alasan Massa Geruduk Rumah Mahfud MD di MaduraVideo yang menunjukkan rumah Menkopolhukam di Pamekasan digeruduk sekelompok orang. Dokumentasi Istimewa

Apip menegaskan, jajaran Polres Pamekasan sudah mengantisipasi tindakan spontan yang dilakukan para massa. Bahkan, kepolisian kini memberi pengamanan di sekitaran rumah ibunda Mahfud MD. Terkait penggerudukan, dia menyampaikan tidak ada aksi anarkis.

"Saya juga langsung datang sendiri dan memohon kepada massa segera pulang, mereka langsung pulang dengan tertib dan tidak ada sama sekali pengrusakan, sampah pun tidak ada, mereka tertib protokol, cuma menyampaikan aspirasi saja. Cuma sekadar sambil lewat saja," terangnya.

"Semuanya kondusif dan alhamdulillah berjalan dengan lancar dan tidak berlangsung lama. Saya juga sudah buat laporan ke Pak Kapolda dan Menko Mahfud MD," imbuh Apip.

Baca Juga: Rumah Mahfud MD di Madura Digeruduk Massa, Polda Sebut Sudah Kondusif

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya