Rumah Mahfud MD di Madura Digeruduk Massa, Polda Sebut Sudah Kondusif

Hanya berlangsung 5 menit

Pamekasan, IDN Times - Rumah Ibunda Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD yang berada di Pamekasan, Madura, digeruduk ratusan orang. Penggerudukuan ini pun terekam dalam video berdurasi 32 detik yang dihimpun IDN Times. Tak hanya itu, video serupa juga diunggah oleh akun Instagram @cetul22.

1. Massa sudah membubarkan diri

Rumah Mahfud MD di Madura Digeruduk Massa, Polda Sebut Sudah KondusifVideo yang menunjukkan rumah Menkopolhukam di Pamekasan digeruduk sekelompok orang. Instagram.com/cetul22

Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan adanya kejadian penggerudukan oleh massa di rumah ibunda Mahfud MD. Dia memastikan saat ini suasana di sekitar lokasi telah kondusif. Pihak Polres Pamekasan sudah membubarkannya.

"Sesuai dengan (laporan) Kapolres (Pamekasan) di lapangan langsung turun membubarkan secara preemtif atau diimbau. Sejauh ini pasca kegiatan himbauan oleh Kapolres Pamekasan dan jajarannya sudah kondusif," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (1/12/2020).

2. Penggerudukan diklaim hanya 5 menit

Rumah Mahfud MD di Madura Digeruduk Massa, Polda Sebut Sudah KondusifVideo yang menunjukkan rumah Menkopolhukam di Pamekasan digeruduk sekelompok orang. Dokumentasi Istimewa

Perwira dengan tiga melati emas ini menambahkan, massa yang datang menggunakan kendaraan truk ini tidak berlangsung lama. Trunoyudo menegaskan hanya sekitar 5 menit saja, massa sempat berdatangan di depan rumah ibunda Mahfud MD. Dalam rekaman video, para massa berteriak mencari Menko Polhukam itu.

"Hanya berlangsung 5 menit, (massa) naik kendaraan kembali," kata dia. 

Baca Juga: Mahfud: Tempat Persembunyian Pelaku Pembunuhan di Sigi Sudah Dikepung 

3. Sebut tidak ada kerusakan di rumah ibunda Mahfud MD

Rumah Mahfud MD di Madura Digeruduk Massa, Polda Sebut Sudah KondusifVideo yang menunjukkan rumah Menkopolhukam di Pamekasan digeruduk sekelompok orang. Dokumentasi Istimewa

Tak lupa, Trunoyudo mengimbau agar masyarakat di Jatim tidak terprovokasi tindakan yang dilakukan oknum massa di Pamekasan. Dia belum merinci lebih jauh motif penggerudukan rumah ibunda Mahfud MD. Sementara untuk kerusakan disebutnya tidak ada.

"Masyarakat Jawa Timur kami himbau untuk tidak terprovokasi apapun untuk menjaga kondusifitas wilayah Jatim, ayo jogo Jawa Timur," tegasnya.

"(Kerusakan) tidak ada. Itu kegiatan yang spontan dan langsung ditangani Kapolres Pamekasan dalam waktu 5 menit diimbau sudah kembali menaiki kendaraan masing-masing," dia menambahkan.

Baca Juga: Mahfud MD: Peristiwa di Sigi Bukan Perang Agama, Tapi Aksi Teroris MIT

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya