Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies dalam Simulasi 12 hingga 2 Nama

Makin kuat nih Pak Prabs

Surabaya, IDN Times - Elektabilitas tiga Bakal Calon Presiden (Bacapres), Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan terus bersaing. Kali ini, survei Surabaya Research Syndicate (SRS) yang dilakukan Mei 2023, menempatkan Prabowo tertinggi di Jawa Timur (Jatim).

Data SRS, elektabilitas pria yang menjabat Menteri Pertahanan itu unggul mulai dari simulasi 12 nama, tiga nama hingga head to head dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. "Elektabilitas Prabowo di Jawa Timur masih tertinggi," ujar Peneliti SRS Fishya Amina Elvin, Minggu (4/6/2023).

Dalam simulasi 12 nama, elektabilitas Prabowo di angka 32,5 persen unggul atas Ganjar Pranowo yang meraih 28,4 persen lalu Anies Baswedan 12,4 persen. Sembilan nama lainnya yakni Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Erick Thohir, Mahfud MD, Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, Airlangga Hartarto, Moeldoko, Muhaimin Iskandar angkanya di bawah 5 persen.

"Dalam simulasi 12 nama ini, sebanyak 3 persen responden belum menentukan pilihan," kata Fishya.

Lebih lanjut, simulasi tiga nama, elektabilitas Ketum Partai Gerindra semakin tinggi yakni di angka 43,5 persen. Lalu Ganjar Pranowo di angka 38,5 persen dan Anies Baswedan 12,8 persen. Sebesar 5,2 persen responden menyatakan belum memilih.

Kemudian pada simulasi dua nama alias head to head antara Prabowo Subianto melawan Ganjar Pranowo, masyarakat Jatim 48,2 persen memilih Prabowo, sementara 39,3 persen memilih Ganjar Pranowo. Sebanyak 12,5 persen responden belum menentukan pilihan.

Fishya juga memaparkan saat responden disodorkan capres top of mind. Hasilnya Prabowo Subianto teratas. "Secara spontan sebanyak 24,9 persen responden di Jawa Timur memilih Prabowo. Kemudian nama Ganjar disebut 15,8 pereen responden, dan 10,2 persen responden menyebut Anies," jelasnya.

"Setelah itu muncul nama-nama seperti Ridwan Kamil, Erick Thohir, Agus Harimurty Yudhoyono (AHY), Mahfud MD, Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Khofifah, Moeldoko, dan Muhaimin Iskandar, namun persentasenya tidak signifikan," tambahnya.

Adapun beberapa faktor yang membuat elektabilitas Prabowo di Jatim semakin menguat. Menurut Fishya, sentimen publik ke Prabowo sangat positif. "Isu-isu negatif yang diekspos lawan politik tidak efektif mempengaruhi opini publik pada sosok Prabowo," kata dia.

"Sebaliknya Prabowo semakin memperoleh simpati dari publik karena kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan RI yang baik dan kepribadiannya semakin matang serta menunjukkan sosok kenegarawan yang mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi," jelasnya.

"Ini semua terpantau dari analisis media monitoring yang SRS lakukan secara periodik, di mana sentimen negatif ke Prabowo lebih rendah dibanding Ganjar dan Anies. Sebaliknya sentimen positif untuk Prabowo tertinggi," tambahnya.

Survei SRS dilakukan 20 - 30 Mei 2023. Melibatkan 1.000 responden yang tersebar di Jatim. Teknik pengambilan sampel secara acak sistematis atau multistage random sampling. Margin of error ± 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut elektabilitas capres di Jawa Timur (Simulasi 12 nama)

1. Prabowo Subianto 32,5%
2. Ganjar Pranowo 28,4%
3. Anies Baswedan 12,4%
4. Ridwan Kamil 4,1%
5. Agus Harimurty Yudhoyono 3,1%
6. Erick Thohir 2,9%
7. Mahfud MD 2,8%
8. Sandiaga Uno 2,7%
9. Khofifah Indar Parawansa 2,2%
10. Airlangga Hartarto 2,1%
11. Moeldoko 1,9%
12. Muhaimin Iskandar 1,9%
Tidak Tahu/Undecided 3,0%

Elektabilitas capres di Jawa Timur (Simulasi 3 nama)

1.Prabowo Subianto 43,5%
2. Ganjar Pranowo 38,5%
3. Anies Baswedan 12,8%
Tidak Tahu/Undecided 5,2%

Elektabilitas capres di Jawa Timur (Simulasi 2 nama)
1. Prabowo Subianto 48,2%
2. Ganjar Pranowo 39,3%

Baca Juga: Survei SRS di Jatim: 60,5 Persen Tolak Pemilu Tertutup

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya