Comscore Tracker

PPDB Jatim Jalur Zonasi Libatkan SMA/SMK Swasta

Tidak lolos di sekolah negeri bisa ke sekolah swasta

Surabaya, IDN Times - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun 2022 dimulai akhir bulan ini. Nah, pada PPDB tahun ini, Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur (Jatim) akan melibatkan sekolah swasta pada jalur zonasi.

1. Swasta diberikan akses website PPDB Jatim

PPDB Jatim Jalur Zonasi Libatkan SMA/SMK SwastaIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim, Alfian Majdi mengatakan, nantinya SMA/SMK swasta diberikan akses website PPDB Jatim untuk melakukan entry lokasi sekolah, jumlah pagu, alamat sekolah, dan alamat website sekolah.  SMA/SMK swasta diminta menyertakan data titik lokasi sekolah.

"Tujuannya, jika siswa yang mendaftar tidak lolos masuk SMA/SMK negeri maka sistem akan merekomendasikan sekolah swasta yang terdekat dengan rumahnya," ujarnya.

Baca Juga: PPDB 2022 Jalur Prestasi: SMA 30 Persen, SMK 70 Persen

2. Akurasi zonasi dipertajam

PPDB Jatim Jalur Zonasi Libatkan SMA/SMK SwastaANTARA FOTO/Galih Pradipta

Namun, lanjut Alfian, pada zonasi kali ini ada perbaikan dalam sistem penentuan titik jarak rumah ke sekolah. Melalui sistem open street maps dengan kalibrasi serta akurasi paling jauh lima meter. Jadi sekolah sebagai titik tengah ditarik garis lurus sampai menuju lokasi siswa, akurasi zoom in ditingkatkan 100 persen.

"Sehingga tingkat kesalahan rendah dan memasksimalkan tingkat akurasi sampai lima meter," katanya.

Siswa bisa mendaftar didalam zona atapun luar zona yang berbatasan. Misalnya siswa yang berada di Waru Sidoarjo, bisa mendaftar di SMA terdekat, SMAN 15 Surabaya. Atau siswa yang berada di perbatasan Ngawi-Jawa Tengah bisa mengikuti PPDB Jatim selama kuota tersedia.

3. Libatkan 7 ribu lebih operator PIN PPDB

PPDB Jatim Jalur Zonasi Libatkan SMA/SMK SwastaANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Sekadar diketahui, PPDB Jatim akan dilaksanakan mulai 23-28 Mei 2022 untuk entry nilai rapor oleh sekolah asal secara online. Sementara pengambilan PIN oleh siswa SMP sederajat akan mulai dilaksanakan pada 2 - 18 Juni 2022.

"Kita sediakan 7.210 operator dari 721 SMA/SMK negeri se Jatim yang siap untuk menangani pengambilan PIN" katanya.

Pendaftaran PPDB akan mulai dilaksanakana pada 20-21 Juni tahap pertama jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua dan hasil lomba. Selanjutnya tahap dua jalur prestasi akademik SMA pada 25-26 Juni. Pendaftaran tahap tiga jalur zonasi SMK pada 28-29 Juni. Jalur zonasi SMA pada 1-2 Juli 2022. Terakhir jalur prestasi akademik SMK pada 4-5 Juli. 

Baca Juga: Beri Kemudahan PPDB SMA/SMK, Siswa Bisa Entry Nilai Mandiri

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya