PKB Kantongi Dua Nama Bacagub di Jawa Timur

Tak mau gegabah, tunggu keputusan DPP

Surabaya, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyiapkan poros baru untuk menantang petahana Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024.

Nama Mantan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuqi Mustamar dan Ketua PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar menjadi kandidiat kuat Bakal Calon Gubernur (Bacagub) yang diusung PKB.

"Aspirasi dari lapangan, saat ini sudah semakin mengerucut. Nama yang paling banyak disebut Kiai Marzuqi dan Gus Halim," ujar Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi kepada IDN Times, Selasa (11/6/2024).

1. PKB Jatim ikuti putusan rekom dari DPP

PKB Kantongi Dua Nama Bacagub di Jawa TimurBendahara DPW PKB Jawa Timur Fauzan Fuadi saat kampanye Pileg 2024. Foto akun Instagram @fauzanfuadi.

Kendati begitu, Fauzan menyerahkan sepenuhnya keputusan rekomendasi Bacagub - Bacawagub yang bakal diusung kepada DPP PKB. Pihaknya hanya akan menyampaikan aspirasi yang ada, baik itu dari kader, relawan, simpatisan maupun masyarakat.

"Kita serahkan ke DPP saja kapan akan diputuskan. Kita tidak mau nggupuhi DPP," katanya.

Baca Juga: Jatim Siapkan 2,4 Juta Hewan Kurban, Dipastikan Bebas Penyakit

2. PKB bisa usung sendiri kadernya di Pilgub Jatim 2024

PKB Kantongi Dua Nama Bacagub di Jawa TimurPara calon kepala daerah di Jawa Tengah saat mengikuti araha ketum PKB, Kamis (6/6/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Lebih lanjut, Fauzan menyampaikan kalau PKB tidak mau gegabah dalam memutuskan gaco yang diusung di Pilgub Jatim. Meski beberapa partai politik seperti Demokrat, Golkar, PPP, PAN, Perindo, PSI dan Gerindra sudah merapat ke petahana, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak.

Hal tersebut sangat wajar. Mengingat dalam kontestasi Pilgub Jatim 2024 kali ini, PKB tidak perlu berkoalisi untuk bisa mengusung pasangan bacagub - bacawagub. Parpol ini menjadi pemenang Pileg di Jatim dengan menempatkan 27 kadernya di kursi DPRD Jatim.

"Kan kita sudah punya calon. Dan kita cukup persyaratan untuk berlayar," ujarnya. "Jadi kita santai-santai saja," tambah dia.

3. Tetap buka pintu untuk koalisi

PKB Kantongi Dua Nama Bacagub di Jawa TimurCak Imin sebut pkb memiliki pengalaman dan sejarah mencetak pemimpin bangsa, Kamis (6/6/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Lebih lanjut, kendati bisa mengusung sendiri, Fauzan menyampaikan kalau PKB tidak pernah menutup pintu koalisi di Pilgub Jatim 2024. Karena diketahui saat ini masih ada Nasdem, PKS, PDIP dan PPP yang belum memutuskan mengusung Bacagub - Bacawagub Jatim.

"Doakan mudah-mudahan layar kita semakin berkembang. Partai yang saat ini belum menentukan cagub bersama-sama PKB dalam waktu dekat akan segera merapatkan barisan. Paradigma kita sudah sama dalam memikirkan Jawa Timur. Bahwa Jatim perlu lompatan, bukan langkah yang biasa-biasa saja," katanya.

Baca Juga: Kasus Penipuan Apartemen, Direktur PT BWN Ditangkap Polda Jatim

Topik:

  • Sri Wibisono
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya