Pimpin Gersik Dua Periode, Sambari: PAD dan Pembangunan Naik Pesat

Mashoook Pak Bupati!

Gresik, IDN Times - Berbatasan dengan Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya, Kabupaten Gersik semakin terlihat gagah menjadi kota penyangga. Gedung tinggi saat ini tak hanya pabrik dan industri saja, melainkan pusat perbelanjaan dan hotel mulai berdiri di sini. Penasaran akan perkembangan ini, IDN Times secara khusus menemui Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto secara langsung di kantornya, Jumat (28/12).

Baca Juga: Jurus Polres Gresik untuk Menurunkan Angka Kejahatan di Kota Pudak

1. PAD naik lebih dari empat kali lipat

Pimpin Gersik Dua Periode, Sambari: PAD dan Pembangunan Naik PesatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sambari membeberkan berbagai macam pembangunan di Gresik tak lepas dari pendapatan asli daerah (PAD) yang terus melejit. Saat ini dalam setahun PAD Gresik mencapai hampir Rp900 miliar.

"Pada awal menjabat itu Rp116 miliar, sekarang sudah Rp890 miliar. Kalau total dulu, awalnya Rp923 miliar, sekarang ini masuk Rp3 triliun lebih," ujarnya.

2. Hasilnya berbagai pembangunan di Gersik

Pimpin Gersik Dua Periode, Sambari: PAD dan Pembangunan Naik PesatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pria yang pernah menjabat Wakil Bupati Gersik pada tahun 2000 ini menambahkan, hasil PAD tersebut dikemas dengan payung hukum berupa Perda APBD. Hasilnya, berdampak pada pembangunan yang bagus.

"Sebelumnya pembangunan belum ada (seperti sekarang)," kata Sambari.

Dia menyebut, beberapa pembangunan Gersik saat dipimpinnya yaitu berupa lapangan terbang di Pulau Bawean, Stadion Joko Samudro bertaraf internasional, gedung seni dan budaya Wahana Ekspresi Poesponegoro, rumah sakit mewah lima lantai, beberapa jalan baru di kawasan Barat-Selatan serta dalam kota untuk mengurai kemacetan.

"Ada juga kami ajak pihak swasta bangun pelabuhan internasional, Bendungan Bengawan Solo, membuat taman teknologi pertanian didukung lumbung air 50 liter, apa yang kami ucapkan, 95 persen sebelum kami memerintah belum pernah ada," tambah Sambari.

3. Investasi terus naik signifikan

Pimpin Gersik Dua Periode, Sambari: PAD dan Pembangunan Naik PesatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain pembangunan, lanjut Sambari, angka investasi sudah di atas Rp67 triliun. Perusahaan besar berkualitas ekspor menengah ke atas ada sebanyak 480 perusahaan. Sementara 975 perusahaan skala menengah ke bawah.

"Adanya investor masuk tentu membutuhkan banyak orang tenaga kerja banyak, lapangan kerja tersedia, homestaynya juga, mulai dibangun beberapa hotel bintang 3 ke atas. Ada mall baru 2, jembatan Sembayat sudah kami bangun," jelas Sambari.

4. Ajak perusahaan gaet UMKM agar pertumbuhan ekonomi naik

Pimpin Gersik Dua Periode, Sambari: PAD dan Pembangunan Naik PesatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sambari tak mau jika menjamurnya perusahaan di Gersik tak berdampak untuk masyarakatnya, maka dari itu, ia menekan semua perusahaan agar menggandeng usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Gersik.

"Kalau perusahaan belum nampung karena skill, kami kerja samakan dengan perusahaan diberi pekerjaan (UMKM)," katanya.

Sambari memberi contoh di depan pertokoan ritel tidak boleh dimanfaatkan pertokoan itu saja. Dia mengizinkan untuk memberi ruang 1-2 rombong untuk mereka (UMKM) yang kurang mampu.

"Contohnya Indomaret di Gersik ada 264, kalau itu 1 rombong bisa 2 orang, kalau 2 rombong maka 4 orang, kalau total semua ada bisa 1.000 tenaga kerja (terserap). Itu satu perusahaan. Kalau ini ada yang lain (perusahaan ritel) dimanfaatkan tahun 2019 bisa menambah mencapai 5 ribu UMKM," pungkas Sambari.

Baca Juga: Polres Gresik Tingkatkan Pelayanan Publik dengan Cara Ini

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya