Ma'ruf Amin: Sekarang Banyak Santri Jadi Menteri, Bahkan Wapres

Santri Culture Night Carnival 2019 di PWNU Jatim

Surabaya, IDN Times - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengajak ribuan santri se-Jatim yang datang di Santri Culture Night Carnival (SCNC) 2019 di kantor PWNU Jatim, Minggu malam (27/10) agar berbangga. Pasalnya, hari ini banyak jebolan santri yang sukses. Ia berharap tren ini terus konsisten dan naik.

1. Berharap ada santri yang jadi Presiden

Ma'ruf Amin: Sekarang Banyak Santri Jadi Menteri, Bahkan WapresWakil Presiden KH Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara SCNC 2019 di Kantor PWNU Jatim, Minggu malam (27/10). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Ma'ruf mengatakan, kesuksesan para santri yang menjadi tokoh maupun pejabat tak lepas dari pendidikan di pesantren. Ia berharap nantinya jebolan santri tidak hanya jadi Wapres seperti dirinya. Tapi juga bisa jadi Presiden.

"Sekarang banyak santri jadi menteri bahkan jadi Wapres. Ke depan ada santri jadi Presiden RI," ujarnya di depan ribuan santri yang memadati kantor PWNU Jatim.

Baca Juga: Di Depan Ribuan Santri Jatim, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Jaga NKRI

2. Pengetahuan luas jadi kuncinya

Ma'ruf Amin: Sekarang Banyak Santri Jadi Menteri, Bahkan WapresDari kiri ke kanan: Mendag Agus Suparmanto, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Manshur, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Bu Nyai Wury Estu Handayani, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Menaker Ida Fauziah pada acara SCNC 2019, Minggu malam (27/10). IDN Times/ Ardiansyah Fajar.

Lebih lanjut, Ma'ruf membeberkan kunci agar para santri bisa sukses kelak. Pengetahuan yang luas menjadi hal wajib yang harus diemban santri. Menurutnya, santri tidak hanya belajar agama tapi juga kehidupan.

"Sekarang santri millennials, selain punya semangat tinggi juga harus dibekali ilmu pengetahuan yang cukup, sesuai tantangan yang dihadapi. Santri harus siap berada di manapun, menjadi apapun," ujar ulama asal Banten itu.

3. Bangga jadi santri

Ma'ruf Amin: Sekarang Banyak Santri Jadi Menteri, Bahkan WapresGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan sambutan pada acara SCNC 2019 di Kantor PWNU Jatim, Minggu malam (27/10). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku bangga menjadi santriwati. Ia tak segan mengenalkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang merupakan Ketum PP Fatayat NU, sekaligus jebolan santri Pondok Pesantren Tambakberas.

"Ada juga Pak Mendag Agus Suparmanto ini juga dulunya santri di Tulungagung," kata Khofifah.

4. Berharap NU dan pemerintah sinergi wujudkan santri unggul

Ma'ruf Amin: Sekarang Banyak Santri Jadi Menteri, Bahkan WapresKetua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar memberikan sambutan pada acara SCNC 2019 di Kantor PWNU Jatim, Minggu malam (27/10). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

 

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar berharap organisasi NU tetap diberi kepercayaan besar oleh pemerintah untuk bisa menggerakan program bidang agama, sosial dan pendidikan. Saat ini NU memiliki ribuan ponpes, TPQ, madrasah ibtidaiyah hingga majelis taklim. Tujuannya mencetak SDM unggul khususnya santri.

"Lewat pelantikan Presiden Joko Widodo, pemerintah sinergi dengan NU," pungkasnya.

Baca Juga: Masduki Baidlowi Ditunjuk Jadi Jubir Wapres Ma'ruf Amin

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya