Khofifah Habis Masa Jabatan, Sekdaprov Jadi Plh Gubernur Jatim

Bisa langsung jadi Pj juga nih?

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa telah mendapatkan kepastian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal penggantinya setelah melepas masa jabatannya pada Selasa (13/2/2024).

Khofifah memastikan untuk sementara akan diisi oleh Pelaksana Harian (Plh). Dalam Radiogram atau Formulir Berita Mendagri yang ditujukan kepada Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekdaprov Jatim, bahwa Plh yang ditunjuk adalah Sekdaprov Jatim, yakni Adhy Karyono.

"Karena berakhirnya besok (Selasa), besok lusa (Rabu) sudah masuk masa pencoblosan, maka akan diputuskan Plh (yang menjabat Gubernur Jatim smeentara)," ujarnya usai pelantikan Kepala SMA/SMK Negeri di Gedung Negara Grahadi, Senin (12/2/2024).

Setelah itu, kata Khofifah, Penjabat (Pj) Gubernur Jatim akan dilantik oleh Mendagri pada Jumat (16/2/2024). "Pelantikan Pj pada hari Jumat. Hari ini akan keluar keputusan Plh," kata mantan Menteri Sosial ini.

Lebih lanjut, Khofifah juga memastikan kalau nantinya baik itu Plh maupun Pj, ialah orang yang sama. Artinya, kans Adhy Karyono menjadi Pj Gubernur Jatim kian besar. "Plh dengan Pj InsyaAllah orang yang sama," beber dia.

Sebelumnya, sinyal Adhy Karyono menjadi Pj Gubernur Jatim sudah tampak pada saat Apel Pagi ASN Pemprov Jatim di Halaman Kantor Gubernur Jatim, Senin (12/2/2024). Khofifah tampak menoleh ke arah Adhy Karyono ketika berujar tentang Pj Gubernur Jatim.

Saiki tak toleh maneh (sekarang saya toleh lagi). Sudahlah rek kan kurang sedino ae (sudahlah, kan kurang sehari saja)," kata Khofifah setelah apel.

Diketahui, nama Adhy Karyono memang masuk dalam tiga daftar nama yang diusulkan DPRD Jatim kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selain Adhy, ada Kepala Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto, dan Irjen Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir. 

Namun, Kepala LAN, Adi Suryanto dikabarkan meninggal dunia pada 15 Desember 2023 lalu. Praktis tersisa hanya dua nama kandidat Pj Gubernur Jatim. Nah, nama Adhy kian kuat menjadi pengganti Khofifah hingga pelaksanaan Pilkada Jatim mendatang.

Baca Juga: Khofifah - Emil Berakhir Besok, Tapi Nama Pj Gubernur Jatim Belum Ada

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya