Hari Guru Nasional 2021, Khofifah: Harus Upgrade Diri!

Guru diminta jadi filter

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mendorong para guru untuk terus mengupgrade kemampuan, inovatif, dan kreatif memanfaatkan teknologi dan ruang-ruang digital untuk mendidik siswanya. Terlebih di era sekarang ini para siswa hidup serba digital dengan gawai-gawainya.

“Yang dihadapi saat ini adalah Generasi alfa, generasi yang sejak lahir sudah hidup di dunia dengan perkembangan teknologi yang pesat. Bahkan sejak masih dalam kandungan,” ujarnya, Kamis (25/11/2021).

1. Guru diminta jadi filter

Hari Guru Nasional 2021, Khofifah: Harus Upgrade Diri!Khofifah saat meninjau langsung dapur umum di Desa Bulukerto, Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu menyebut peran guru sangatlah krusial sekali. Bukan sekadar transfer ilmu pengetahuan saja, namun juga menanamkan nilai-nilai moral sekaligus berperan sebagai filter terhadap derasnya arus pekembangan teknologi yang semakin maju.

Pemprov melalui dinas pendidikan akan berusaha terus  meningkatkan kemampuan dan kapasitas serta kompetensi guru agar tidak gaptek, agar paham apa itu artificial intelegent, big data, technology native, dan lain sebagainya.

"Saya mohon jangan malas untuk mengupgrade diri. Ini pekerjaan rumah yang tidak bisa dianggap sepele,” kata Khofifah.

2. Guru cepat adaptasi di tengah pandemik

Hari Guru Nasional 2021, Khofifah: Harus Upgrade Diri!Ilustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Khofifah juga menyinggung peran guru selama pandemik COVID-19. Menurut dia, para guru dituntut untuk menyiapkan materi pelajaran dan mempresentasikannya secara menarik agar mudah dicerna dan dikuasai oleh para murid. Guru juga harus mampu terus menjalin komunikasi secara virtual.

“Tidak bisa pola-pola jadul diterapkan saat ini. Gap ini jika tidak bisa dijembatani dengan baik maka dampaknya besar terhadap generasi Indonesia ke depan,” imbuhnya.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Ini Rapor Kinerja 2 Tahun Nadiem Makarim

3. Guru diminta sebarkan semangat optimisme

Hari Guru Nasional 2021, Khofifah: Harus Upgrade Diri!Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam kesempatan meninjau vaksinasi di Jatim. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Dalam kesempatan ini, Khofifah mengajak para guru menebarkan semangat optimisme kebangkitan dari pandemi COVID-19. Guru, lanjut gubernur kelahiran Surabaya ini, menjadi garda terdepan dalam mengejar ketertinggalan selama Pandemi Covid-19.

"Selamat Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2021. Bergerak dengan hati pulihkan pendidikan," pungkasnya.

Baca Juga: Guru Binar, Inovasi Modern Pelatihan Guru Era 4.0

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya