Gus Sholah Wafat, Khofifah: Beliau Salah Satu Putra Terbaik Bangsa

Selamat jalan Kiai

Surabaya, IDN Times - KH Sholahuddin Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Sholah menutup usia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, pukul 20.55 WIB. Minggu (2/2). Mendengar kabar duka ini Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan belasungkawa.

Gubernur kelahiran Surabaya ini memang dikenal memiliki kedekatan dengan Gus Sholah. Bahkan pada saat Pilkada Jatim 2018, dia mendapat dukungan dari adik Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu.

Karena dekat, Menteri Sosial kabinet Indonesia Kerja ini mengenang betul sosok Gus Sholah. Dia menyebut Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng Jombang itu merupakan pribadi yang komplit. Dia bahkan menilai Gus Sholah salah satu putra terbaik bangsa.

"Gus Sholah adalah salah satu putra terbaik bangsa. Boleh dibilang beliau adalah paket lengkap dari seorang negarawan. Beliau adalah guru, aktivis, ulama, cendekia, sekaligus tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia. Insyaallah, husnul khotimah," ujar Khofifah dalam rilis resmi.

Tak lupa, Ketua Umum PP Muslimat NU ini mendoakan yang terbaik atas kepergian Gus Sholah di usianya yang ke-77 tahun. Dia berharap semua amal ibadah sang kiai diterima Allah SWT. Serta seluruh keluarganya diberi ketabahan.

"Saya menyampaikan duka cita mendalam seiring lantunan doa semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya, menerima semua amal ibadahnya, mengampuni seluruh khilaf dan memberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Gus Sholah," kata Khofifah.

Sekadar diketahui, kondisi Gus Sholah diketahui terus menurun pasca-menjalani bedah jantung pada Sabtu (1/2). Tim dokter yang merawat pria kelahiran Jombang, 11 September 1942 sempat melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung.

Baca Juga: [BREAKING] Innalillahi, Gus Sholah Tutup Usia

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya