Comscore Tracker

Dugaan Politik Uang, Polda Jatim Tangkap Politikus

Diduga serangan fajar

Surabaya, IDN Times - Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan ada beberapa penangkapan terhadap dugaan politik uang alias money politic. Penangkapan terjadi di kawasan Gayungan, Surabaya, pukul 05.30 WIB, Selasa (16/4).

1. Berawal dari curiga terhadap sebuah mobil

Dugaan Politik Uang, Polda Jatim Tangkap PolitikusIDN Times/Ardiansyah Fajar

Barung mengatakan penangkapan itu dilakukan oleh tim siber Polrestabes Surabaya. Setelah mencurigai sebuah mobil. "Di gayungan, kita lakukan pengamanan," ujar Barung di Mapolda Jatim, Selasa (16/4).

2. Diduga libatkan Partai Gerindra

Dugaan Politik Uang, Polda Jatim Tangkap PolitikusPixabay/Luctheo

Barung juga membeberkan dugaan politik uang untuk serangan fajar ini dari Partai Gerindra. Melibatkan anggota struktural Gerindra Jatim. "Ada beberapa orang diamankan. Sudah diperiksa di Kantor Bendahara Partai Gerindra," katanya.

3. Jumlah uang yang diamankan hampir Rp260 juta

Dugaan Politik Uang, Polda Jatim Tangkap PolitikusIDN Times/Sukma Shakti

Untuk jumlah uang yang diamankan, Barung menyebut besarannya hampir Rp260 juta. Sehingga saat ini pihaknya akan terus memback-up, Polrestabes Surabaya. "Rp250 juta lebih hampir Rp260 juta," ungkap Barung.

4. Uang sudah diserahkan ke Bawaslu

Dugaan Politik Uang, Polda Jatim Tangkap PolitikusIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pria dengan tiga melati emas ini mengungkapkan kalau temuan uang tersebut sudah diserahkan ke Bawaslu. Sementara status temuan masih diplenokan antara sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu) dan Bawaslu. "(Sekitar) Rp259 juta sudah diserahkan ke Bawaslu," pungkas Barung.

Baca Juga: [Breaking] OTT Money Politic di Nias, Caleg Gerindra Diamankan

Topic:

  • Ardiansyah Fajar
  • Faiz Nashrillah

Just For You