TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tekan Mobilitas Warga, Pemkot Madiun Tutup Akses Masuk

Lokasinya di titik perbatasan dengan Kabupaten Madiun

Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Madiun, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 Kota Madiun menutup sejumlah akses masuk dari daerah lain melalui wilayah Kabupaten Madiun. Lokasinya seperti di simpang empat Manisrejo yang berbatasan dengan Kecamatan Wungu dan Te'an yang bersebalahan dengan Kecamatan Geger.

Selain itu, penutupan juga dilakukan di Mancaan yang berbatasan dengan Kecamatan Jiwan. Penutupan itu sebagai upaya menekan mobilitas warga untuk masuk ke Kota Madiun selama masa pemberlakuan pembatasan kegaiatan masyarakat (PPKM) darurat.

1. Dinyatakan menjadi zona hitam dari sisi mobilitas warga

Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri (tengah). Instagram/indaraya.

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri menyatakan dengan berkurangnya mobilitas warga akan memperkecil risiko penularan COVID-19. Apalagi, daerah setempat kembali berstatus zona hitam setelah sebelumnya merah.

"Dengan demikian kami memortal jalan karena Kota Madiun kembali menjadi zona hitam dari sisi mobilitas," kata dia, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga: Polisi Madiun Selidiki Temuan Mayat Perempuan di Kamar Kos

2. Penutupan akses jalan secara permanen dan temporer

Penutupan akses jalan menuju Kota Madiun sebagai upaya menekan mobilitas warga saat masa PPKM Darurat. IDN Times/Nofika Dian Nugroho.

Menurut dia, indikator penetapan zona hitam itu berdasarkan operasional alat canggih yang dimiliki pihak kepolisian. Piranti seperti Facebook Mobility, Google Traffic, dan Masa Vision Light masih merekam pergerakan warga yang terbilang tinggi.

Oleh karena itu, penutupan sejumlah akses masuk baik secara permanen maupun temporer dilakukan. "Intinya, kami fokus pada penutupan dan rekayasa lalu lintas untuk menekan mobilitas warga," ujar Inda.

Baca Juga: PPKM Darurat, Kota Madiun Tiadakan Takbir Keliling dan Salat Idul Adha

Berita Terkini Lainnya