TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PTM Terbatas, Cabdindik Madiun Catat Pelanggaran Prokes 

Salah memakai masker dan terjadinya kerumunan

Ilustrasi anak sekolah (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Madiun, IDN Times - Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur wilayah Madiun mencatat sejumlah pelanggaran protokol kesehatan (prokes) selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Sejumlah siswa SMA/SMK di Kabupaten/Kota Madiun, dan Ngawi diketahui salah menggunakan masker.

"Memakai masker tapi hidungnya masih terbuka," kata Kepala Cabdindik Provinsi Jawa Timur Wilayah Madiun, Supardi, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Lapas Kelas I Madiun Perbarui APAR dan Jaringan Listrik 

1. Euforia karena lama tidak bertemu

Pexels.com/周 康

Pelanggaran lain yang dicatat adalah berlangsungnya kerumunan di antara para siswa. Kondisi ini dinilai sebagai euforia lantaran lama tidak bertemu secara langsung. Apalagi, sejak pandemik COVID-19 berlangsung atau hampir dua tahun ini pemerintah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) alias daring.

"Pelanggaran jaga jarak ini yang sulit dikendalikan. Mungkin karena (para siswa) lama tidak bertemu,"ujar Supardi kepada IDN Times.

2. Satgas diminta terus bertindak

Sejumlah siswa SMPN 1 Mejayan, Kabupaten Madiun usai mengikuti PTM terbatas, Jumat (10/9/2021). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Oleh karena itu, pihak Satgas COVID-19 di sekolah dihimbau untuk terus bertindak. Teguran sekaligus penyampaian materi tentang prokes disampaikan kepada siswa, guru, dan tenaga kependidikan secara rutin.

"Memakai masker, menjaga jarak merupakan suatu tindakan. Maka, perlu diingatkan terus menerus," ucap dia.

Baca Juga: 2 Napi Lapas Pemuda Madiun Ditetapkan Tersangka Penipuan 

Berita Terkini Lainnya