TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UTBK Hari Pertama di Unej, Satu Peserta Terindikasi Positif COVID-19

Ia pun tak bisa mengikuti tes

Peserta ujian UTBK SBMPTN saat tes Ge-Nose di Universitas Jember. IDN Times/Istimewa

Jember, IDN Times - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di kampus Universitas Jember mulai berlangsung sejak hari ini, Senin (12/4/2021). Sejak pukul 05.30 WIB para peserta sudah ramai datang memasuki lokasi ujian dengan sejumlah persyaratan, salah satunya membawa surat keterangan zona COVID-19 dari RT maupun RW.

Sebanyak 14.071 peserta akan mengikuti UTBK SBMPTN secara bertahap mulai tanggal 12 hingga 18 April dan tahap kedua, tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021. Saat screening, satu peserta dinyatakan terindikasi positif COVID-19 sehingga tidak bisa mengikuti tes.

Baca Juga: Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar Lolos

1. Panitia lakukan beberapa tahap pemeriksaan

Petugas mengecek suhu tubuh peserta ujian UTBK SBMPTN di Jember. IDN Times/Istimewa

Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Corona, Universitas Jember, dr. Ulfa Elfiah mengatakan, setiap peserta yang masuk harus melalui uji suhu tubuh. Pihaknya menyediakan pemerikasaan Ge-Nose di Kampus Universitas Jember dan Kampus Cabang di Bondowoso.

"Pintu masuk kita melakukan pengecekan suhu, dan surat keterangan tempat di mana berasal. Itu berisi status dari wilayah masing-masing. Bagi peserta yang tidak membawa persyaratan, langsung kita arahkan ke pemerikasaan Ge-Nose. Termasuk peserta dengan kondisi mencurigakan," ujar Ulfa Elfiah, Senin, (12/4/2021).

"Pagi ini ada beberapa peserta yang tidak menunjukkan surat keterangan dari RT yang menunjukkan dari mana dia berasal, langsung kita arahkan ke Posko Ge-Nose," tambahnya.

2. Ditemukan satu terindikasi positif

Ilustrasi (kemdikbud.go.id)

Ulfa mengatakan, dari hasil screening di pintu masuk, pihaknya menemukan satu peserta terindikasi positif COVID-19. Peserta tersebut akhirnya tidak bisa mengikuti ujian pada tahap pertama ini.

"Dari hasil pemeriksaan, di Jember ada 1 yang terindikasi positif. Sesuai arahan, peserta yang positif COVID-19 tidak bisa melanjutkan ujian UTBK ini. Dan di Kampus Bondowoso, semua peserta lolos uji screening kesehatan," katanya.

Baca Juga: Sebentar Lagi, Siapkan 5 Hal Berikut biar UTBK Lancar!

Berita Terkini Lainnya