TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Heboh! Pantai Grajagan Banyuwangi Keluarkan Air Serupa Darah

Dinas Perikanan sebut fenomena red tide

Tangkapan kayar dari video yang diupload di instagram.com/andreli48

Banyuwangi, IDN Times - Sebuah video menggambarkan luapan air berwarna merah dari pasir pantai Grajagan Banyuwangi, viral di media sosial. Video berdurasi 35 detik tersebut menggambarkan momen keluarnya air berwarna merah yang disebut serupa darah segar. Video tersebut diunggah oleh akun @andreli48

Saat ini, Dinas Perikanan Banyuwangi telah mengetahui kabar tersebut dan bakal meninjau ke lokasi kejadian.

1. Fenomena red tide

Tangkapan kayar dari video yang diupload di instagram.com/andreli48

Menanggapi fenomena tersebut, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Banyuwangi, Suryono Bintang Samudera menduga keluarnya air berwarna merah bisa disebabkan matinya alga dan plankton.

"Bisa jadi itu fenomena red tide. Itu karena ada alga atau plankton yang mati, sehingga muncul air berwarna merah," ujar Suryono, Selasa (3/8/2021).

2. Perubahan musim

Dari informasi yang ia terima, fenomena tersebut memang terjadi di Pantai Grajagan. Lebih lanjut, kondisi matinya plankton dan alga tersebut bisa disebabkan karena perubahan musim.

"Karena ada perbedaan suhu di dasar dan permukaan laut, sehingga terjadi narus vertical dari dasar laut menuju permukaan karena perbedaan suhu. Perubahan membuat plankton dan alga mati," paparnya.

Berita Terkini Lainnya