TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cabut dari Demokrat, Bayu Airlangga Dinilai Cocok Bergabung Golkar

Bayu Airlangga butuh kematangan berpolitik

Bayu Airlangga saat Musda Partai Demokrat Jatim. dok. Istimewa.

Surabaya, IDN Times - Pengamat Politik menyoroti mundurnya Bayu Airlangga dari Partai Demokrat per 21 April 2022. Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam menilai Partai Golkar bisa menjadi partai politik pilihan Bayu Airlangga usai mundur dari Partai Demokrat

"Golkar juga termasuk partai yang bisa menjadi pilihan mas Bayu ke depannya dan Golkar juga relatif stabil urusan faksi-faksi lebih cair," kata Surokim yang juga Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) ini.

Baca Juga: Merasa Dizalimi, Bayu Airlangga Mundur dari Demokrat

1. Tak lepas dari peran Pakde Karwo di Golkar

Soekarwo dalam sebuah kesempatan acara bersama Khofifah Indar Parawansa. dok. Humas Pemprov Jatim

Menurut Surokim, menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo ini akan menjadi rebutan banyak parpol di Jatim. Bayu dinilai pas masuk sebagai kader Golkar, apalagi secara historikal Pakde Karwo dekat dengan Golkar.

Menurut Surokim, Bayu tentu saja dengan petunjuk Pakde Karwo masih akan melihat lihat anginnya untuk menemukan momentum yang pas dan akan besar kemungkinan akan memilih partai yang bisa memberi karpet merah dan memberi jaminan posisi di pencalegan yang pas atau bahkan mungkin tiket pilkada.

"Golkar termasuk prospektif dan pengaruh Pakde juga cukup kuat di sana. Saya pikir semua masih ditimbang-timbang hingga proses pencalegan nanti. Pakde yang pasti bukan poltisi biasa karena sudah teruji dalam segala medan politik," ujarnya.

2. Menimbang partai cara Pakde Karwo mendewasakan Bayu

Bayu Airlangga dan Emil Dardak diminta bersalaman oleh AHY ketika Musda ke-VI DPD Demokrat Jatim, Kamis (20/1/2022). Dok. Ist.

Untuk hal seperti ini, lanjut dia, bagi Pakde Karwo bukan hal yang rumit. Situasi ini, menurut dia, adalah bagian dari cara Pakde Karwo mendewasakan Bayu yang pernah menjabat sebagai Plt Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim dan Ketua Muda Mudi Demokrat Jatim agar lebih siap dan tangguh dalam medan politik agar terus bisa mematangkan diri.

Surokim menambahkan, proses Bayu untuk mematangkan diri akan membuat pemuda berusia 31 tahun itu semakin matang dan menjadi politisi tangguh.

"Bayu yang berlatar pengusaha harus banyak ditempa dalam medan pengabdian dan kontestasi politik agar kian matang dan tangguh. Medan politik punya tantangan yang jelas beda dengan medan bisnis. Semua butuh pengalaman dan pemahaman medan juang politik yang lebih kuat sehingga akan bisa menjadi politisi yang juga kuat dan tangguh," tandas Surokim.

Baca Juga: Bersaing dengan Emil, Dukungan Bayu Disebut Lebih Solid 

Berita Terkini Lainnya