TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Napi Teroris di Lapas Surabaya Ikrar Setia pada NKRI 

35 hari mengikuti pembinaan

Tiga orang napi teroris mengucap ikrar terhadap NKRI. (dok. Humas Kemenkumham Jatim)

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 3 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana terorisme di Lapas (Lembaga Permasyarakatan) Surabaya telah mengucap ikrar setia kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), Jumat (18/2/2022). Ketiga warga binaan yang menyatakan ikrar itu adalah Muhammad Subkhan, Muliamin Supardi dan Slamet Rudhu.

Baca Juga: 34 Napi Teroris Gunung Sindur Ikrar Setia pada NKRI

1. 3 Napi teroris baru 35 hari mengikuti pembinaan

Ilustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Ketiga napi teroris itu baru 35 hari mengikuti pembinaan di lapas yang terletak di Desa Kebon Agung, Porong itu. Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto bercerita bahwa dirinya masih ingat betul,  pada tanggal 14 Januari 2022, pihaknya baru saja menerima limpahan warga binaan khusus dari Rutan Cikeas, Bogor.

Lapas Surabaya kata Wisnu, paling banyak menerima napi teroris. Yaitu ada tiga orang. Sedangkan empat orang lainnya dibagi dua ke Malang dan Madiun.

"Saat itu kami berpesan agar petugas melakukan pembinaan dan menjalankan SOP dengan baik," ujarnya.

2. Awalnya hanya dua napi

Ilustrasi narapidana (IDN Times/Arief Rahmat)

Wisnu mengatakan bahwa awalnya hanya ada dua napi yang akan melakukan ikrar.  Ia mengaku cukup kaget ketika tiga minggu setelah pemindahan, menerima laporan lagi dari Kalapas Surabaya, Gun Gun Gunawan. Yang intinya, dari pendekatan petugas lapas, maka pada hari ke-21, dua orang napiter menyatakan diri siap ikrar NKRI. Dan hari bertambah satu sehingga menjadi tiga orang. 

"Alhamdulillah, pagi ini saya kembali dapat kabar bahwa jumlah Warga Binaan yang siap menyatakan ikrar-nya kepada NKRI bertambah satu lagi. Yaitu warga binaan atas nama Muhammad Subkhan," terangnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Naik, 12 Daerah di Jatim Terapkan PPKM Level 3

Berita Terkini Lainnya