TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hasil Rapid Test COVID-19, Sembilan Warga Lamongan Positif

Tunggu hasil pemeriksaan pusat

Ilustrasi virus corona. IDN TImes/Arief Rahmat

Lamongan, IDN Times - Pemkab Lamongan melakukan rapid test COVID-19 kepada 30 warganya. Tes tersebut bekerja sama dengan laboratorium Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Hasilnya, sembilan orang dinyatakan positif.

"Iya betul, ada sembilan yang positif," terang Bupati Lamongan Fadeli melalui keterangan resmi yang disampaikan Humas Pemkab Lamongan, Rabu malam (1/4).

1. Masih akan dites swab PCR

Ilustrasi rapid test. IDN Times/Bagus F

Meski demikian, hasil rapid test tersebut akan tetap dikirim ke Laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Seperti diketahui, rapid test bukanlah hasil final. Orang ketahuan positif setelah di-rapid test, tetap akan dites swab PCR.

"Masih harus dilakukan swab ulang oleh pemerintah pusat, sebelum nanti hasilnya benar-benar diumumkan oleh juru bicara Gugus Tugas COVID-19 di Jakarta," imbuhnya.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Corona, Sepuluh Pemuda di Lamongan Malah Pesta Miras

2. Lamongan dinyatakan darurat COVID-19

Ilustrasi rapid test (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dengan hasil tersebut, pemkab menyatakan bahwa Lamongan darurat COVID-19. Saat ini pemkab terus berupaya agar virus corona tak semakin menyebar luas.

"Ya upaya terus dilakukan, di antaranya meminta masyarakat agar tidak berkerumun dan membatasi aktivitas di luar rumah, serta terus menjaga kebersihan," imbau Fadeli.

3. Tunggu hasil lab kemenkes

Ilustrasi. Rapid Test COVID-19. Dok Humas Jabar

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan Taufik Hidayat menjelaskan, hasil rapid test tidak bisa dijadikan acuan. Pemeriksaan yang paling valid adalah menunggu hasil lab kemenkes keluar.

"Kalau hasil tes yang dilakukan pemerintah pusat sudah keluar, maka itu baru bisa dibilang terjangkit (COVID-19)," terangnya.

Baca Juga: Tetap Nekat, Petugas Gabungan Bubarkan Resepsi Pernikahan di Lamongan

Berita Terkini Lainnya