TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penyidik KPK Nginap di Kediri, Usut Lagi Kasus Korupsi Tulungagung

Kasus perkara suap di Tulungagung

Ilustrasi KPK (IDN Times/Mardya Shakti)

Kediri, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminjam ruangan Polres Kediri Kota, untuk keperluan pemeriksaan. Peminjaman ini berlangsung selama 2 hari, mulai kemarin Senin (25/01/2022). Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan pengembangan perkara suap pekerjaan infrastruktur, yang menjerat mantan Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo.

Baca Juga: Kaleidoskop 2021 Tulungagung, Kasus Antraks hingga Bupati Dihina 

1. Polres hanya memfasilitasi KPK

Kapolres Kediri Kota, AKBP Wahyudi. IDN Times/ istimewa

Kapolres Kediri Kota, AKBP Wahyudi membenarkan adanya peminjaman ruangan oleh KPK ini. Namun Wahyudi enggan menjelaskan secara detail, terkait adanya aktivitas pemeriksaan yang dilakukan KPK. Menurutnya Polres hanya menjadi fasilitator saja. Tidak ada pengamanan khusus yang diberikan selama proses pemeriksaan berlangsung.

"Soal kasusnya apa dan siapa saja yang diperiksa saya tidak tahu, yang jelas itu agendanya KPK," ujarnya, Selasa (26/01/2022).

2. KPK akan beri keterangan setelah tersangka ditahan

PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah ASN dari Pemkab Tulungagung menjalani pemeriksaan oleh KPK di ruang Bag Ops Polres Kediri Kota. Selain itu sejumlah rekanan juga menunggu untuk diperiksa KPK. Plt Jubir KPK, Ali Fikri mengakui adanya aktivitas pemeriksaan di Polres Kediri Kota, terkait pengembangan perkara suap yang melibatkan mantan Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo.

KPK baru akan merinci hal tersebut ketika tersangka sudah ditahan. Sebab, hal itu merupakan komitmen lembaga antitrasuah itu. "Sebagaimana komitmen KPK, pengumuman lengkap terkait hal dimaksud, akan di sampaikan ketika dilakukan upaya paksa penangkapan maupun penahanan," tuturnya.

Baca Juga: KPK Kembali Usut Dugaan Suap Proyek di Kabupaten Tulungagung

Berita Terkini Lainnya