TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Vaksin Merah Putih Masuk Tahap Uji Klinis di RSUD dr. Soetomo

Jika sudah oke, Khofifah mau terima booster pertama

Bibit Vaksin Merah Putih dari Unair (dok. Humas Unair)

Surabaya, IDN Times - Vaksin Merah Putih telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Rencananya, vaksin inovasi Universitas Airlangga (Unair) ini akan memasuki uji klinis tahap pertama pada 9 Februari 2022.

Baca Juga: Jika Sudah Siap, Vaksin Merah Putih akan Jadi Booster

1. Dilakukan uji klinis di RSUD dr. Soetomo melibatkan 90 relawan

Petugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Nah, uji klinis akan dilaksanakan dengan cara menyuntikkan vaksin kepada 90 relawan berusia minimal 18 tahun di RSUD dr. Soetomo Surabaya yang belum mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis satu dan dua.
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa ingin uji klinis ini lancar.

"Semoga semua berjalan lancar, tidak ada kendala berarti dalam pengembangan vaksin karya anak bangsa ini," ujar perempuan yang juga Ketua Ikatan Alumni Airlangga (IKA) Unair ini, Senin (31/1/2021).

2. Berharap vaksin Merah Putih segera dipakai booster

Masyarakat mulai mendapatkan vaksinasi booster (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Vaksin merah putih, sambung Khofifah, diharapkan dapat membantu penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia, khususnya Jatim. Sebab, berdasarkan update situasi dari WHO, ditemukan bahwa Peningkatan jumlah kasus terinfeksi COVID-19 yang disebabkan varian Omicron sudah mencapai lebih dari 80 persen.

Varian omicron juga menunjukkan sekitar lima kali lebih tinggi risiko terinfeksi kembali jika dibandingkan dengan varian Delta. Pemberian vaksin booster di negara-negara maju terbukti efektif mengurangi angka rawat inap di rumah sakit sebesar 89 persen.

"Oleh karena itu, kami sangat berharap Vaksin Merah Putih ini bisa menjadi kandidat booster vaksinasi di Indonesia," kata Khofifah.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Unair akan Diuji Coba untuk Anak-anak 5-11 Tahun

Berita Terkini Lainnya