TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banyak Anak Terpapar COVID-19, Ini Tanggapan Khofifah

Angka kematian terhadap pasien COVID-19 anak 3-5 persen

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat di IGD Khusus Penyakit Menular RSUD dr Soetomo, Surabaya, Minggu (6/12/2020). Dok. Humas Pemprov Jatim

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengakui bahwa banyak anak-anak yang terjangkit COVID-19. Dia mengimbau kepada para orangtua supaya tidak mengajak anaknya keluar rumah kecuali ada urusan penting seperti layanan kesehatan.

1. Data IDAI tunjukkan fakta yang harus diwaspadai

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Berdasarkan data yang dirilis Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), satu dari delapan pasien COVID-19 adalah anak-anak. Selain itu, case fatality rate atau angka kematian terhadap pasien COVID-19 anak berada antara 3-5 persen.

“Fakta ini harus menjadikan kita semakin waspada. Tidak usah bawa anak keluar rumah kalau itu tidak mendesak. Ajak anak bermain dan belajar dirumah saja. Tempat paling aman saat ini untuk anak adalah rumah,” ujar Khofifah, Senin (28/6/2021).

2. Ingatkan prokes ketat

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tak lupa, mantan Menteri Sosial ini mengingatkan kepada seluruh orangtua  agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Bagi orangtua yang memiliki gejala virus SARS CoV-2, maka harus segera melalukan isolasi dan menjaga jarak dengan anak untuk sementara waktu.

“Saya harap orangtua bisa lebih bijak dalam menyikapi kecenderungan melonjaknya penyebaran COVID-19 saat ini. Kasus transmisi antaranggota keluarga yang menyebabkan klaster keluarga meningkat sangat signifikan. Ini karena ada anggota keluarga yang tidak sadar terinfeksi corona karena tanpa gejala dan membawanya ke rumah,” ungkapnya.

Baca Juga: Waspada! Varian Baru COVID-19 Ancam Anak-anak dan Remaja

Berita Terkini Lainnya