TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5.432 Hektare Lahan Persawahan Jatim Terendam Banjir

Untungnya produksi padi tetap aman

Ilustrasi sawah. IDN Times/Wayan Antara

Surabaya, IDN Times - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur (Jatim) mendata ada seluas 1,11 persen lahan persawahan yang terendam banjir. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya curah hujan sejak Oktober lalu. Meski terdampak, hasil panen padi di Jatim masih stabil.

1. Terendam banjir tapi tidak rusak

Ilustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim, Hadi Sulistyo menjelaskan, laporan yang dia terima, kondisi padi yang ditanam di areal tersebut tidak mengalami kerusakan.

"Dari 1,1 persen sawah yang terendam banjir, tanaman padi kondisinya tidak rusak dan masih bisa diselamatkan," ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Baca Juga: Bosan Jadi Langganan Banjir, Supriyadi Bongkar Rumahnya

2. Total ada 5.432 hektare lahan di 17 kabupaten yang terdampak

Ilustrasi sawah (IDN Times/Dwi Agustiar)

Jika dibedah lagi, 1,11 persen lahan yang teredam itu mencapai 5.432 hektare berada di 17 kabupaten. Selain tanaman padi, lahan lain yang terdampak banjir meliputi 97 hektare kebun jagung, 2 hektare ladang semangka, 16 hektare ladang cabai, dan 0,25 hektare lahan tanaman bawang merah.

"Kami melakukan langkah antisipatif adanya banjir susulan dengan cara perbaikan tanggul serta pemantauan kondisi tanaman secara intensif," kata Hadi.

Baca Juga: Banjir Rendam 4 Kelurahan di Pamekasan, Khofifah Lakukan Evaluasi

Berita Terkini Lainnya